Kebijakan Iklan

Sebagai publisher (penerbit), AGRIKAN dapat dikategorikan sebagai salah satu bisnis dalam jaringan (online business).

Dengan menyajikan konten agribisnis, AGRIKAN akan menarik jumlah pembaca.

Semakin banyak pembaca, dalam hal ini pelaku agribisnis UMKM dan konsumen agribisnis, maka diharapkan dapat meningkatkan trafik (lalu-lintas pengunjung) ke AGRIKAN.

Tentu pemasang iklan (advertiser), terutama yang bergerak di bidang agribisnis, diharapkan tertarik menempatkan iklannya di AGRIKAN.

Karena itulah, iklan merupakan salah satu sumber penghasilan AGRIKAN agar blog ini bisa tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan.

Ada beberapa bentuk iklan yang dapat ditempatkan di AGRIKAN.

  1. Iklan banner pada lokasi yang telah ditentukan, misalnya di sidebar.
  2. Iklan banner di dalam bodi tulisan yang relevan dengan konten yang disajikan.
  3. Iklan advertorial. Pesan yang dikemas di iklan ini terlihat lebih natural. Penempatannya pada salah satu kategori seperti halnya postingan. Pada advertorial ini pesan kontennya sesuai dengan arahan pemasang iklan. Pada bagian bawah ada penulisan “Advertorial” atau “Konten Bersponsor”.

AGRIKAN juga tidak menutup kemungkinan menerima donasi untuk mewujudkan visi dan misinya.

Apabila Bapak atau Ibu ingin memberikan donasi, dapat disetorkan ke Bank BCA Cabang Benhil, Jakarta, dengan nomor rekening 3011.399.299 atas nama Nunung Kusumawati.

Selain itu, sebagai aktivitas off-line, AGRIKAN juga menerbitkan buku-buku praktis di bidang agribisnis. Begitu juga dengan buku-buku biografi pelaku usaha atau perusahaan agribisnis.

Buku-buku tersebut dipasarkan dan dipromosikan secara online melalui kategori “Edusikan” AGRIKAN. Tautannya dipromosikan lebih lanjut ke media sosial seperti FB, IG, dan Grup WA.

Sebagai bagian dari edukasi, bekerjasama dengan pihak lain, AGRIKAN juga mengadakan pelatihan, diskusi, seminar, talkshow, kampanye gizi, dan kampanye daging Aman, Sehat, Utuh, dan Halal (ASUH).

Kegiatan-kegiatan ini ditulis di AGRIKAN dan ditayangkan juga melalui saluran YouTube AGRIKAN. Tautannya juga dipromosikan lebih lanjut ke media sosial seperti FB, IG, dan Grup WA.

AGRIKAN juga terbuka untuk kerjasama promosi even-even agribisnis yang dilaksanakan pihak lain.

Melalui kerjasama ini, AGRIKAN, pihak lain (event organizer, EO), dan agribisnis saling terpromosikan.

Kebijakan yang dibangun AGRIKAN adalah kerjasama yang saling menguntungkan antar para pihak.

Untuk keperluan kerjasama ini, EO, perusahaan, instansi pemerintah, pemasang iklan, dan pemangku kepentingan lainnya di bidang agribisnis dapat mengirimkan info ke email: konten.agrikan@gmail.com.

Rivansyah Wirahadiutama