
AGRIKAN.ID – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menerima tiga penghargaan internasional dari ajang Digital CX Awards 2025 yang digelar oleh lembaga publikasi independen The Digital Banker.
Penghargaan tersebut diserahkan kepada GM (General Manager) Divisi Wholesale Digital Channel BNI Efransyah Mudani dan GM Wholesale Product & Partnership BNI I Gede Widya Anantayoga di Hotel Mandarin Oriental, Singapura, Kamis (24/4/2025).
Ketiga penghargaan tersebut adalah:
- Best Technology Implementation for Digital CX – Indonesia.
- Outstanding Digital CX – Trade Finance Initiative.
- Best Wholesale/Transaction Bank for Digital CX – Indonesia.
Ketiga kategori penghargaan tersebut menyoroti keunggulan BNI dalam menghadirkan solusi digital yang inovatif, menyeluruh, dan berorientasi pada kebutuhan nasabah korporasi yang dihadirkan lewat inovasi BNIdirect.
Lihat juga: Hilirisasi pertanian dengan pendekatan agribisnis
Direktur Corporate Banking BNI Agung Prabowo mengatakan, pencapaian ini menjadi bukti nyata komitmen BNI dalam menghadirkan layanan perbankan korporasi yang modern, terintegrasi, dan sesuai dengan dinamika kebutuhan bisnis saat ini.
“Penghargaan ini mencerminkan dedikasi BNI dalam menciptakan solusi digital yang mendukung pertumbuhan bisnis,” kata Agung.
“Solusi (tersebut) memberikan dampak positif terhadap efisiensi dan kenyamanan bertransaksi bagi nasabah. Artinya, BNIdirect telah menjadi platform strategis yang mendukung perjalanan digital kami,” katanya.
BNI terus memperkuat kapabilitas digital
The Digital Banker memberikan kategori Best Technology Implementation for Digital CX – Indonesia kepada BNI berkat inovasi pengembangan BNIdirect API (Application Programming Interface). Inovasi tersebut membuat integrasi menjadi seamless (mulus) dengan sistem pihak ketiga.
Sebagai informasi, sepanjang tahun 2024, BNI meluncurkan berbagai inisiatif melalui API baru dan meningkatkan sandbox environment. Langkah ini berkontribusi terhadap peningkatan volume transaksi digital sebesar Rp1.230 triliun atau mencatat pertumbuhan tahunan (YoY, year on year) sekitar 50,6%.
Untuk kategori Outstanding Digital CX – Trade Finance Initiative, BNI dinilai sukses menghadirkan layanan digital trade finance dan bank garansi yang dapat diakses secara fleksibel oleh nasabah, baik di dalam maupun luar negeri, kapan pun dan di mana pun.
Selanjutnya, penghargaan Best Wholesale/Transaction Bank for Digital CX – Indonesia diberikan karena kapabilitas BNI Wholesale Transaction Banking yang menyediakan solusi komprehensif bagi korporasi dalam mengelola arus kas, operasional, dan likuiditas, serta treasury, pembayaran, trade finance, dan pembiayaan, secara efisien melalui platform digital yang terintegrasi.
Lihat juga: Program MBG ciptakan pasar baru bagi petani
Ajang Digital CX Awards 2025 ini menilai institusi keuangan dari berbagai aspek utama seperti inovasi digital, pengalaman pengguna, personalisasi layanan, serta efektivitas solusi yang ditawarkan di berbagai kanal.
“BNI akan terus memperkuat kapabilitas digital yang sudah dimiliki, terutama melalui BNIdirect. Kami juga berkomitmen untuk terus memberikan layanan yang cepat, aman, dan sesuai dengan kebutuhan bisnis nasabah. Ini bagian dari upaya kami untuk menjadi mitra strategis dunia usaha di era digital,” jelas Agung.
Sepanjang 2024, BNI mencatatkan pertumbuhan nilai transaksi segmen korporasi dan bisnis sebesar 23,2% secara year-on-year (YoY) atau tahunan, mencapai Rp7.931 triliun per Desember 2024.
Dengan capaian tersebut, BNI semakin optimistis mendorong pertumbuhan berkelanjutan di segmen korporasi dan bisnis, sekaligus memperkuat posisi sebagai mitra strategis dalam ekosistem digital perbankan nasional.
Solusi inovatif dengan BNIdirect
BNIdirect adalah platform digital wholesale banking yang disediakan oleh BNI, yang dirancang untuk memberikan solusi inovatif dalam mendukung pertumbuhan dan kesuksesan bisnis.
Dengan memanfaatkan teknologi terkini, BNIdirect menawarkan berbagai fitur dan layanan yang mempermudah pengelolaan keuangan perusahaan, mulai dari manajemen arus kas, pembayaran dan transfer, hingga pemantauan transaksi secara real-time (seketika).
Lihat juga: Rencana besar ekspansi LDS Group 2025
Layanan tersebut telah menunjukkan keunggulannya melalui penetrasi yang kuat di segmen korporasi, dengan 75% dari total transaksi berasal dari nasabah korporasi, serta mencatatkan pertumbuhan tahunan (YoY, year on year) nilai transaksi sebesar 42% pada tahun 2024.
Ketiga penghargaan yang diterima BNI dalam ajang Digital CX Awards 2025 mencerminkan pengorbanan tenaga, pikiran, dan waktu bank milik negara tersebut dalam menciptakan solusi digital yang mendukung pertumbuhan bisnis.
Syatrya Utama | Email: syatrya_utama@yahoo.com
Referensi:
- Rilis BNI Raih 3 Penghargaan dari The Digital Banker. Rilis diterima melalui email, Jumat, 25 April 2025.
- Rilis BNI Gelar BNIdirect Capabilities Event Series Perdana di Surabaya. Rilis diterima melalui email, Kamis, 24 April 2025.
Lihat Ebook: Panduan Praktis Menulis Artikel