Ekskavator hidraulis hemat bahan bakar 15%
Ekskavator hidraulis Cat 320 GX. Sumber: Trakindo Utama.

PT Trakindo Utama meluncurkan ekskavator hidraulis Cat 320 GX yang hemat bahan bakar dan biaya perawatan. Hal itu disampaikan Arif Prawira pada peluncuran Selasa, 12 Oktober 2021.

“Kami meluncurkan Cat 320 GX, produk unggulan untuk pelanggan yang menginginkan alat berat dengan kualitas terjamin, kinerja optimal, namun dengan harga sangat terjangkau,” kata Construction and ForAg Marketing and Sales Division Head Trakindo itu melalui zoom meeting.

Cat 320 GX yang diluncurkan perusahaan penyedia solusi alat berat Indonesia itu berbobot 20,5 ton dan dilengkapi bucket 0,9 m3 general duty yang optimal pada hampir seluruh alat berat.

Alat yang dapat dioperasikan di bidang agribisnis, konstruksi, dan pertambangan ini ditenagai dengan mesin 4 silinder Cat C4.4 dengan 145 horse power yang kuat, tangguh, dan telah teruji di lapangan. Dengan mesin tersebut, membuat ekskavator Cat 320 GX kian hemat bahan bakar.

Menurut Desman Parulian Tambunan, ekskavator hidraulis Cat 320 GX ini dapat menghemat bahan bakar sampai 15% dibandingkan dengan produk ekskavator hidraulis yang sebelumnya.

“Penyempurnaan ini dihasilkan katup yang dikontrol secara elektronik untuk mengarahkan daya hidraulis tepat sasaran sehingga hemat bahan bakar,” kata Product Manager Trakindo itu.

Bahkan perusahaan penyedia solusi alat berat Indonesia itu bersedia memberikan Program Garansi Hemat Bahan Bakar. “Rata-rata konsumsi bahan bakar Cat 320 GX ini 12 liter per jam. Artinya, bila terjadi kelebihan, Trakindo akan mengganti selisihnya,” jelasnya.

Cat 320 GX ramah lingkungan
Arif Prawira, Construction and ForAg Marketing and Sales Division Head Trakindo. Sumber: Trakindo Utama.

Mesin Cat C4.4 ini juga ramah lingkungan karena siap menggunakan biosolar, baik B30 (solar yang dicampur dengan 30% biodiesel yang berbahan baku minyak kelapa sawit) maupun di atasnya. “Ekskavator hidraulis Cat 320 GX ini bisa menggunakan bahan bakar B100,” kata Arif.

Dua mode pengoperasian ekskavator hidraulis Cat 320 GX

Pengoperasian Cat 320 GX ini dapat menggunakan dua mode pilihan, yaitu power dan smart, sehingga dapat membantu operator mengelola konsumsi bahan bakar.

Dengan mode power, pengaturan Cat 320 GX secara tradisional. Operator menaikkan atau menurunkan kekuatan mesin secara manual.

Pada mode smart, ekskavator bekerja otomatis menyesuaikan kekuatan mesin untuk berbagai beban pekerjaan. Mesin berkekuatan tinggi untuk penggalian yang sulit dan rendah untuk pemuatan yang ringan sehingga pengoperasian efisien tanpa mengurangi kinerja ekskavator.

Keunggulan berikutnya, biaya perawatan bisa lebih rendah sampai 20%. Interval penggantian filter diperpanjang dengan peningkatan masa pakai filter bahan bakar sampai 1.000 jam, filter hidraulis sampai 3.000 jam, dan filter udara sampai 1.000 jam.

Selain itu, perawatan rutin pun lebih mudah dilakukan karena Cat 320 GX didesain dengan akses ground level maintenance.

Dengan disematkannya Cat Product Link, manajemen peralatan Cat 320 GX lebih mudah dipantau jarak jauh (remote monitoring). Tautan tersebut terhubung dengan jaringan satelit.

Dengan product link, pengguna dapat memonitor berbagai informasi alat berat secara jarak jauh. Yaitu informasi lokasi alat Cat 320 GX, kondisi operasional alat, durasi kerja, rata-rata konsumsi bahan bakar, jadwal perawatan, hingga kode error melalui akses my.cat.com.

“Berbagai keunggulan yang dimiliki, kualitas yang terjamin, dan harga yang terjangkau membuat Cat 320 GX menjadi pilihan tepat bagi pelanggan yang ingin melakukan investasi alat berat dengan tepat dan pengembalian modal yang cepat,” kata Desman.

“Kami percaya produk ini akan membantu kinerja bisnis di tengah meningkatnya potensi industri dan berkontribusi pada pemulihan ekonomi nasional,” tambah Desman.

“Cat 320 GX adalah jawaban memberikan kepuasan bagi pelanggan setia Trakindo. Harapannya, makin banyak kebutuhan pelanggan yang bisa kami jawab dengan produk yang kami hadirkan. Ini juga bagian dari dedikasi Trakindo 50 tahun berkarya untuk Indonesia,” kata Arif.

Syatrya Utama | Email: syatrya_utama@yahoo.com

Referensi:

Rilis Trakindo Utama, 13 Oktober 2021.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here