Sup ayam komplit
Sup ayam. Sumber: nutritiouslife.com.

Agrikan memperoleh artikel yang berjudul, Respiratory Health for Better Covid-19 Outcomes, yang diterbitkan New England Complex Systems Institute, 16 Maret 2020.

Artikel tersebut ditulis Blake Elias, Chen Shen, dan Yaneer Bar-Yam.

Salah satu rekomendasi untuk memperkuat daya tahan tubuh agar dapat mengurangi risiko Covid-19 adalah makan sup ayam, selain hidrasi (banyak minum air putih), tidur teratur, dan sedikit olahraga.

Bagi yang sudah terinfeksi Covid-19, direkomendasikan untuk banyak menghirup udara bersih dan membersihkan lingkungan.

Di dalam artikel disebutkan juga bahwa, sekitar 80% yang terinfeksi Covid-19 bergejala ringan dan tubuh dapat megatasinya tanpa harus mendapat pengobatan yang intensif.

Tapi bagaimana yang 20% lagi? Yang 10% di antaranya perlu perawatan di Intensive Care Unit (ICU), lengkap dengan ventilator. Sekitar 2-4% bisa meninggal dunia. Yang 6-8% lagi bisa diisolasi di rumah sakit.

Tubuh kita berkompetisi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penggandaan virus Covid-19. Semakin kuat daya tahan tubuh kita semakin kuat kita dapat menangkal virus Covid-19.

Di sini Agrikan akan menulis apa dibalik sup ayam itu? Maka Agrikan melakukan riset. Ternyata banyak sekali keunggulan sup ayam itu.

Mau mengongsumsi sup ayam kampung atau ayam negeri (broiler), silakan. Nutrisinya relatif berimbang.

Hidrasi

Sebagaimana kita ketahui, sup ayam itu didominasi air. Dengan rutin mengonsumsi sup ayam setiap hari, berarti kita banyak mengonsumsi air.

Bukan hanya air yang kita konsumsi, tetapi seluruh zat gizi yang terkandung di dalam air sup tersebut.

Sebagaimana kita ketahui, 60% lebih tubuh wanita dewasa terdiri atas air, sementara lelaki dewasa 65% lebih. Air sangat diperlukan oleh tubuh kita.

Kandungan air di dalam tubuh manusia. Sumber: waterwaysproducts.com.au.

Perhatikan gambar. Otak, darah, ginjal, tulang, jantung, hati, dan otot sebagian besar terdiri atas air. Bayangkan kalau kita dehidrasi (kurang minum air putih). Tentulah kita merasa kurang bugar.

Fitonutrien

Coba perhatikan bumbu atau bahan sup ayam. Ada jahe segar, lada hitam, wortel, sawi, kubis, seledri, bawang merah, bawang putih, tomat, kentang, dan sebagainya.

Sebagian besar fitonutrien yang terdapat dalam bumbu atau bahan sup dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Zat-zat tersebut dapat mengurangi peradangan pada tubuh kita.

Sayuran-sayuran di atas banyak mengandung Vitamin C dan K serta antioksidan dan mineral.

Zat-zat tersebut, menurut Sandy Allonen, pakar diet dari Beth Israel Deaconess Medical Centre di Boston, Amerika Serikat, bukan hanya dapat membantu tubuh untuk melawan virus, tetapi juga dapat memulihkan orang-orang yang sedang sakit.

Manfaat makan ayam

Di dalam ayam terdapat zat karnosin (carnosine), yang dapat mengatasi pengap dan penyumbatan pada hidung dan tenggorokan. Zat ini dapat mengurangi peradangan pada saluran pernafasan atas.

Kandungan protein yang terdapat pada ayam dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ayam juga mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin B, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu sistem pencernaan.

Sup ayam mie. Sumber: bbcgoodfood.com.

Ayam juga mengandung triptofan yang tinggi. Triptofan ini dapat membantu tubuh memproduksi seretonin yang dapat membuat suasana hati kita nyaman. Hal ini dapat membuat orang yang mengonsumsi sup ayam dengan mie benar-benar merasakan kenyamanan yang tinggi.

Di tengah pandemi Covid-19 kita disarankan tidak stres. Selalu bergembira. Selalu berpikiran positif. Apa maksudnya? Orang yang selalu gembira dan berpikiran positif, derajat keasaman (pH) tubuhnya di atas 7. Biasanya, virus terhambat menggandakan dirinya di dalam tubuh yang kondisinya basa (pH 7 ke atas).

Orang yang stres atau selalu berprasangka negatif, tubuhnya bersifat asam (pH 7 ke bawah). Dalam kondisi seperti ini, virus, termasuk virus pencetus Covid-19, sangat senang menggandakan dirinya.

Ayam memang banyak mengandung zat gizi. Di tengah pandemi Covid-19 pada saat ini, ilmuwan menyarankan kepada kita untuk makan sup ayam agar tubuh kita kuat menangkal virus Covid-19.

Referensi:

  1. https://necsi.edu/respiratory-health-for-better-covid-19-outcomes.
  2. https://www.bbcgoodfood.com/howto/guide/will-chicken-soup-really-cure-your-cold.
  3. https://www.newsmax.com/Health/health-news/chicken-soup-benefits-health/2018/12/26/id/895866/.
  4. https://nutritiouslife.com/recipes/alisons-chicken-soup/.
  5. https://doktersehat.com/benarkah-makan-sup-ayam-bisa-meredakan-flu/.
  6. https://www.halodoc.com/dikenal-sebagai-comfort-food-ini-5-manfaat-konsumsi-sup.
  7. https://www.fimela.com/beauty-health/read/3753356/manfaat-ampuh-sup-ayam-jika-dikonsumsi-saat-kamu-menderita-flu.