Meningkatkan kekebalan tubuh.
Aneka buah, sayur, dan lauk. Sumber: abc.net.au.

Menjaga jarak fisik, mencuci tangan, menggunakan masker, dan berdiam di rumah banyak disarankan untuk mengurangi risiko Covid-19. Lantas, bagaimana dengan peran makanan dan nutrisi?

Banyak mikronutrien di dalam makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap Sars-Cov-2, virus pencetus penyakit Covid-19. Sebut saja seng, selenium, zat besi, vitamin A, C, D, E, B-6, dan folat.

“Sesuatu yang membuat jantung Anda sehat, paru Anda sehat, dan ginjal Anda sehat akan membuat sistem kekebalan tubuh Anda sehat,” kata Prof. Marc Pellegrini, ahli penyakit infeksi di Walter and Eliza Hall Institute, Melbourne, Australia.

Tetapi, “Tidak ada satu jenis makanan yang secara ajaib dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda,” kata Prof. Clare Collins, pakar diet di University of Newcastel, Australia.

“Nutrien dari beragam makanan sehat diperlukan dalam proses biokimia yang dapat memacu tubuh untuk melawan suatu infeksi,” tambah Collins.

Dari sinilah katanya, muncul ide untuk mengonsumsi beragam makanan super yang mengandung vitamin A, B, C, D, dan E serta mineral zat besi, seng, dan selenium. Di Indonesia dikenal dengan gizi yang seimbang.

Sumber mikronutrien

  • Vitamin A: minyak ikan, kuning telur, keju, tahu, kacang tanah, biji-bijian, dan kacang polong.
  • Vitamin B-6 (riboflavin): sereal, kacang polong, sayuran berdaun hijau, buah-buahan, kacang tanah, ikan, ayam, dan daging sapi.
  • Vitamin B-9 (folat): sayuran berdaun hijau, kacang polong, kacang tanah, dan gandum.
  • Vitamin B-12: telur, daging, susu, dan susu kedelai yang difortifikasi.
  • Vitamin C: jeruk, jeruk lemon, jeruk nipis, beri, kiwi, brokoli, tomat, dan cabai.
  • Vitamin D: terutama dari sinar matahari, tapi juga ditemukan pada telur, ikan, serta susu dan mentega yang difortifikasi.
  • Vitamin E: kacang tanah, sayuran berdaun hijau, dan minyak nabati.
  • Zat besi: daging sapi, ayam, dan ikan. Bagi vegetarian, ada kacang polong, biji-bijian, dan sereal yang difortifikasi.
  • Seng: tiram atau kerang, makanan laut lainnya, ayam, kacang goreng, dan kacang rebus.
  • Selenium: kacang tanah, daging, dan jamur.

Lantas apa delapan makanan super yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh? Nah, ini dia.

  • Sup ayam
  • Yogurt
  • Bawang putih
  • Ikan
  • Tiram
  • Kunyit
  • Aneka sayur dan buah
  • Banyak minum air putih atau teh hangat

Sup ayam

Kandungan kolagen dalam kaldu sup ayam dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan asam amino dan nutrien yang dapat mencegah peradangan.

Sup ayam mie. Sumber: edition.cnn.com.

Yogurt

Yogurt merupakan sumber probiotik (biasa disebut dengan bakteri baik) yang hidup di saluran pencernaan. Studi menunjukkan bahwa saluran pencernaan yang baik dapat meningkatkan kekebalan tubuh, tidur lebih nyenyak, dan proses pencernaan yang baik.

Yogurt. Sumber: edition.cnn.com.

Ikan

Asam lemak omega-3 yang terdapat pada ikan seperti salmon dan tuna, menurut Maxine Yeung, pakar diet, dapat mengendalikan peradangan pada tubuh.

Ikan salmon. Sumber: edition.cnn.com.

Bawang putih

“Zat allicin yang terdapat di dalam bawang putih dapat membantu melawan infeksi dan bakteri,” kata pakar diet Alissa Rumseys.

Bawang putih. Sumber: edition.cnn.com.

Tiram

Tiram atau kerang mengandung kadar seng yang tinggi. Seng ini dapat mengatur sistem kekebalan tubuh dan menyembuhkan luka.

Tiram. Sumber: edition.cnn.com.

Kunyit

Kunyit kaya dengan antioksidan dan zat-zat yang dapat meredakan peradangan.

Kunyit. Sumber: edition.cnn.com.

Aneka buah dan sayur

Aneka buah dan sayur merupakan sumber vitamin A, C, dan E, yang terutama berguna untuk membangun sistem kekebalan tubuh.

Aneka sayur. Sumber: edition.cnn.com.

Banyak minum air putih atau teh hangat

Banyak minum air putih atau teh hangat dapat membuat saluran pernafasan bersih. Tapi hindari minuman yang berpemanis seperti minuman olahraga.

Banyak minum air putih. Sumber: edition.cnn.com.

Dalam menghadapi Covid-19, kita tidak cukup hanya melindungi tubuh dari luar seperti jaga jarak fisik, cuci tangan, pakai masker, dan tinggal di rumah, tetapi juga perlu asupan gizi harian yang seimbang.

Asupan gizi harian yang seimbang ini dapat membuat tubuh kita sehat dan kuat. Kita perlu memperbanyak “tentara” (antibodi) di dalam tubuh untuk meredam serangan Sars-Cov-2, virus pencetus Covid-19.

Referensi:

  1. https://edition.cnn.com/2020/03/27/opinions/healthy-diet-immune-system-covid-19-mozaffarian-glickman-nikbin-meydani/index.html.
  2. https://www.abc.net.au/news/health/2020-03-25/can-you-boost-your-immune-system-to-help-fight-coronavirus/12085036.
  3. https://www.smithsonianmag.com/science-nature/can-you-become-immune-sars-cov-2-180974532/.
  4. https://www.bangkokpost.com/thailand/pr/1880695/vitamin-drip-with-instant-immune-boosting-protection-against-covid-19.
  5. https://www.sciencemediacentre.org/expert-reaction-to-questions-about-covid-19-and-viral-load/.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here