Gulma padi di Indonesia.
Gulma padi. Sumber: Buku IRRI, 2011.

Gulma (weeds) merupakan segala jenis tanaman atau tumbuhan yang tidak ditanam tetapi tumbuh liar di lahan pertanian.

Kehadiran gulma tidak dikehendaki karena menyaingi tanaman utama atau yang dibudidayakan dalam mendapatkan nutrisi (unsur hara) tanah.

Daya saing atau potensi gulma mengurangi hasil panen padi pada kerapatan gulma tinggi, bervariasi. Dari rendah sampai sangat tinggi.

Daya saing gulma rendah (kehilangan hasil di bawah 20%), sedang (kehilangan hasil 20-50%), tinggi (kehilangan hasil lebih dari 50%), sampai sangat tinggi (kehilangan hasil mencapai 100%).

Pada budidaya tanaman padi, terdapat tiga golongan gulma. Gulma golongan rumput (grasses), gulma golongan berdaun lebar (broadleaves/herbacous), dan gulma golongan teki (sedges).

Gulma golongan rumput (grasses)

  1. Cynodon dactylon (L.) Pers. Dari keluarga Poaceae. Di Indonesia dikenal dengan grintingan atau kakawatan. Dalam bahasa Inggris disebut bermuda grass. Kode Bayernya CYNDA. Sinonimnya Cynodon arcuatus dan Cynodon parviglumis.
  2. Dactyloctenium aegyptium (L.) Willd. Dari keluarga Poaceae. Di Indonesia dikenal dengan suket dringoan, suket katelan, tapak jalak, suket kartut atau sapabang babi. Dalam bahasa Inggris disebut crowfoot grass. Kode Bayernya DITTAE. Sinonimnya Dactyloctenium meridionale, Cynosurus aegyptius, Eleusine aegyptiaca, dan Eleusine mucronata.
  3. Digitaria ciliaris (Retz.) Koel. Dari keluarga Poaceae. Di Indonesia dikenal dengan jalamparan atau suket cakarayam. Dalam bahasa Inggris disebut crab grass. Kode Bayernya DIGSP. Sinonimnya Digitaria adscendens, Digitaria biformis, Digitaria marginata, Panicum adscendens, Panicum ciliare, dan Syntherisma cilliaris.
  4. Echinochloa colona (L.) Link. Dari keluarga Poaceae. Di Indonesia dikenal dengan rumput kusa-kusa atau toton. Di dalam bahasa Inggris disebut jungle-rice. Kode Bayernya ECHCO. Sinonim Echinochloa colonum dan Panicum colonum.
  5. Echinochloa crus-galli (L.) P. Beauv. Dari keluarga Poaceae. Di Indonesia dikenal dengan jajagoan atau gagajahan. Di dalam bahasa Inggris disebut barnyardgrass. Kode Bayernya ECHCG. Sinonimnya Echinochloa spiralis dan Panicum crus-galli.
  6. Eleusine indica (L.) Gaertn. Dari keluarga Poaceae. Di Indonesia dikenal dengan rumput belulang. Di dalam bahasa Inggris disebut goosegrass. Kode Bayernya ELEIN. Sinonimnya Cynodon indicus, Cynosurus indicus, dan Eleusine japonica.
  7. Imperata cylindrica (L.) Raeuschel. Dari keluarga Poaceae. Di Indonesia dikenal dengan alang-alang. Di dalam bahasa Inggris disebut cogon grass. Kode Bayernya IMPCY. Sinonimnya Imperata allang, Imperata arundinaceae, Imperata koenigii, Lagurus cylindricus, Saccharum cylindricum, dan Saccharum koenigii.
  8. Ischaemum rugosum Salisb. Dari keluarga Poaceae. Di Indonesia dikenal dengan blembem (bahasa Jawa). Dalam bahasa Inggris disebut wrinkled grass atau saramollagrass. Kode Bayernya ISCRU.
  9. Leersia hexandra Sw. Dari keluarga Poaceae. Di Indonesia dikenal dengan benta. Dalam bahasa Inggris disebut southern cutgrass. Kode Bayernya LERHE. Sinonimnya Leersia abyssinica, Leersia capensis, dan Convolvulus reptans.
  10. Leptochloa chinensis (L.) Nees. Dari keluarga Poaceae. Di Indonesia dikenal dengan timunan (bahasa Jawa). Dalam bahasa Inggris disebut chinese sprangletop dan red sprangletop. Kode Bayernya LEFCH. Sinonimnya Poa chinensis.
  11. Oryza sativa L. Dari keluarga Poaceae. Di Indonesia dikenal dengan padi hantu. Dalam bahasa Inggris disebut weedy rice dan red rice. Kode Bayernya ORYSA. Sinonimnya Oryza sativa f. spontanea.
  12. Panicum repens L. Dari keluarga Poaceae. Di Indonesia dikenal dengan kerunong padi, lampuyangan, rumput jae-jae, atau lamhani. Dalam bahasa Inggris disebut torpedo grass. Kode Bayernya PANRE. Sinonimnya Panicum goinii.
  13. Paspalum distichum L. Dari keluarga Poaceae. Di Indonesia dikenal dengan asinan. Dalam bahasa Inggris disebut knotgrass. Kode Bayernya PASDS. Sinonimnya Paspalum paspaloides dan Digitaria paspaloides.
  14. Paspalum scrobiculatum L. Dari keluarga Poaceae. Di Indonesia dikenal dengan jaringan atau rumput ketih belalang. Dalam bahasa Inggris disebut kodo millet. Kode Bayernya PASSC. Sinonimnya Paspalum commersonii, Paspalum orbiculare, dan Paspalum polystachyum.
  15. Rottboellia cochinchinensis (Lour.) W.D. Clyaton. Di Indonesia dikenal dengan branjangan atau bludru bayung (bahasa Jawa). Dari keluarga Poaceae. Dalam bahasa Inggris disebut itchgrass. Kode Bayernya ROOEX. Sinonimnya Rottboellia exaltata.

Gulma golongan berdaun lebar (broadleaves/herbacous)

  1. Aeschynomene indica L. Dari keluarga Fabaceae. Di Indonesia dikenal dengan dinding, gedeyan, katisan, atau loritis. Dalam bahasa Inggris disebut indian joint-vetch. Kode Bayernya AESIN. Sinonimnya Aeschynomene virginica.
  2. Ageratum conyzoides L. Dari keluarga Asteraceae. Di Indonesia dikenal dengan bandotan atau berokan. Dalam bahasa Inggris disebut tropic ageratum atau goat weed. Kode Bayernya AGECO. Sinominya Ageratum hirsutum.
  3. Alternanthera sessilis (L.) R. Br. ex DC. Dari keluarga Amaranthaceae. Di Indonesia dikenal dengan kremah atau tolod. Dalam bahasa Inggris disebut sessile joyweed. Kode Bayernya ALRSE. Sinonimnya Alternanthera repens, Alternanthera triandra, dan Gomphrena sessillis.
  4. Amaranthus spinosus L. Dari keluarga Amaranthaceae. Di Indonesia dikenal dengan bayam duri, bayam eri, atau bayam cikron. Dalam bahasa Inggris disebut spiny amaranth. Kode Bayernya AMASP.
  5. Commelina benghalensis L. Dari keluarga Commelinaceae. Di Indonesia dikenal dengan gewor. Dalam bahasa Inggris disebut tropical spiderwort. Kode Bayernya COMBE. Sinonimnya Commelina prostrata.
  6. Eclipta prostrata (L.) L. Dari keluarga Asteraceae. Di Indonesia dikenal dengan orang-aring atau urang-aring. Dalam bahasa Inggris disebut false daisy. Kode Bayernya ECLAL. Sinonimnya Eclipta alba dan Eclipta erecta.
  7. Eichhornia crassipes (Mart.) Solms. Dari keluarga Pontederiaceae. Di Indonesia dikenal dengan eceng atau eceng gondok. Dalam bahasa Inggris disebut water hyacinth. Kode Bayernya EICCR. Sinonimnya Eichhornia cordifolia, Eichhornia crassicaulis, Eichhornia speciosa, Eichhorniae azureae, dan Pontenderia crassipes.
  8. Ludwigia adscendens (L.) Hara. Dari keluarga Onagraceae. Di Indonesia dikenal dengan pangeor. Dalam bahasa Inggris disebut creeping water primrose. Kode Bayernya. LUDAC. Sinonimnya Jussiaea repens, Jussiaea adscendens, Jussiaea diffusa, Jussiaea stolonifera, dan Ludwigia natans.
  9. Ludwigia octovalvis (Jacq.) Raven. Dari keluarga Onagraceae. Di Indonesia dikenal dengan lakum air. Dalam bahasa Inggris disebut longfruited primrose-willow. Kode Bayernya LUDOC. Sinonimnya Jussiaea augustifolia.
  10. Mimosa diplotricha C. Wright ex Sauvalle. Dari keluarga Fabaceae. Di Indonesia dikenal dengan pis kucing atau rembete (bahasa Jawa). Dalam bahasa Inggris disebut giant sensitive plant. Kode Bayernya MIMIN. Sinonimnya Mimosa invisa.
  11. Monochoria vaginalis (Burm. f.) C. Presl. Dari keluarga Pontederiaceae. Di Indonesia dikenal dengan eceng padi. Dalam bahasa Inggris disebut monochoria. Kode Bayernya MOOVA.
  12. Pistia stratiotes L. Dari keluarga Araceae. Di Indonesia dikenal dengan kiambang, apu-apu, kiapu (bahasa Sunda), atau kayu apu (bahasa Jawa). Dalam bahasa Inggris disebut waterlettuce. Kode Bayernya PIIST. Sinonimnya Pistia stratemoides.
  13. Portulaca oleraceae L. Dari keluarga Portulacaceae. Di Indonesia dikenal dengan gelang atau krokot. Dalam bahasa Inggris disebut purslane. Kode Bayernya POROL. Sinonimnya Portulaca sativa.
  14. Sphenoclea zeylanica Gaertn. Dari keluarga Campanulaceae. Di Indonesia dikenal dengan gunda. Dalam bahasa Inggris disebut gooseweed. Kode Bayernya SPDZE.
  15. Trianthema portulacastrum L. Dari keluarga Aizoaceae. Dalam bahasa Inggris disebut horse purslane atau giant pigweed. Kode Bayernya TRTPO. Sinonimnya Trianthema monogyna.

Gulma golongan teki (sedges)

  1. Cyperus difformis L. Dari keluarga Cyperaceae. Di Indonesia dikenal dengan jeungan, jukut pendul atau ramon brendelan. Dalam bahasa Inggris disebut smallflower umbrella sedge. Kode Bayernya CYPDI.
  2. Cyperus iria L. Dari keluarga Cyperacea. Di Indonesia dikenal dengan rumput menderong, dekeng wangin, djekeng, nyur-nyuran, rumput jekeng kunyit atau umbung. Dalam bahasa Inggris disebut rice flat sedge. Kode Bayernya CYPIR.
  3. Cyperus rotundus L. Dari keluarga cyperaceae. Di Indonesia disebut dengan teki atau teki berumbi. Dalam bahasa Inggris disebut purple nutsedge. Kode Bayernya CYPRO. Sinonimnya Cyperus odorantus, Cyperus tetrastachyos, Cyperus tuberosus, atau Schoenus tuberosus.
  4. Fimbristylis dichotoma (L.) Vahl. Dari keluarga Cyperaceae. Di Indonesia dikenal dengan bulu (jukut) mata munding (bahasa Sunda). Dalam bahasa Inggris disebut forked fringe-rush. Kode Bayernya FIMDI.
  5. Fimbristylis miliaceae (L.) Vahl. Dari keluarga Cyperacea. Di Indonesia dikenal dengan adas-adasan, riwit, sunduk welut, tumbaran (bahasa Jawa) atau babawangan. Dalam bahasa Inggris disebut globe fringe-rush. Kode Bayernya FIMMI. Sinonimnya Fimbristylis littoralis.
  6. Scirpus juncoides Roxb. Dari keluarga Cyperaceae. Di Indonesia dikenal dengan kambo mancik. Dalam bahasa Inggris disebut bulrush. Kode bayernya SCPJO. Sinonimnya Scirpus erectus, Scirpus junctiformus, Scirpus luzonensis Scirpus scirpus var. elatoir, dan Eleocharis juncoides.

Referensi:

  1. Caton, B.P dkk. 2011. Panduan Lapang Praktis untuk Gulma Padi di Asia. Edisi Kedua (Bahasa Indonesia). Penterjemah: Diah Wurjandari, Entis Sutisna, dan Zulkifli Zaini. Los Banos (Filipina): International Rice Research Institute (IRRI).
  2. Tohir, Winarno. 2019. Pertanian Presisi untuk Mensejahterakan Petani. Jakarta: Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here