Dua pertiga konsumen setuju restoran mengganti daging ayam konvensional, yang dipotong di rumah potong hewan, dengan daging ayam buatan lab.
Pangsit daging ayam buatan lab GOOD Meat yang dipesan melalui aplikasi foodpanda.

Daging ayam buatan lab GOOD Meat kian digemari konsumen berdasarkan survei. Survei itu dilakukan Februari 2021. Respondennya 2.522 konsumen dan 103 operator restoran.

Hasilnya, dua pertiga konsumen setuju agar restoran mengganti daging ayam konvensional dengan menyajikan daging ayam buatan laboratorium (lab).

Selain itu, sekitar 80% dari 103 operator restoran bersedia untuk mengganti daging ayam konvensional dengan daging ayam buatan lab dalam 10 tahun ke depan.

Sementara itu, restoran Madame Fan di JW Marriott Singapore South Beach merupakan restoran pertama di dunia yang mengganti daging ayam konvensional dengan daging ayam buatan lab GOOD Meat, produksi Eat Just Inc., perusahaan rintisan teknologi pangan dari Amerika Serikat.

Mulai Kamis, 20 Mei 2021, Madame Fan menghidangkan menu daging ayam buatan lab GOOD Meat. Tiga menu berselera Asia adalah salad daging ayam (Asian-inspired Chicken Salad), pangsit daging ayam (Chicken Dumplings), dan nasi goreng ayam (Chicken & Rice Stir-fry).

“Sebagai bagian organisasi global yang bertujuan mengurangi limbah pangan, bermitra dengan perusahaan seperti GOOD Meat merupakan kerjasama yang sempurna,” kata Marco Pedrelli, Director of Food & Beverage and Culinary JW Marriott Singapore South Beach.

Kerjasama tersebut, kata Pedrelli, merupakan upaya mendukung kebijakan sumber pangan yang bertanggung jawab sembari menyajikan pengalaman kuliner yang menyenangkan pelanggan.

Daging ayam buatan lab GOOD Meat

Daging ayam buatan lab atau daging ayam kultur (cultured meat) terbuat dari biakan sel daging ayam, baik dari biopsi sel daging ayam hidup (livebirds), daging ayam segar, bank sel, dan akar bulu ayam. Sel tersebut dapat berupa sel utama (otot dan lemak) dan sel punca (stem cell).

Kemudian sel tersebut distandardisasi. Lalu dibiakan eksponensial di bioreaktor di laboratorium.

Di dalam bioreaktor terdapat media tumbuh seperti gula, garam, asam amino, mikronutrien, dan zat perangsang tumbuh. Setiap sel hewan membutuhkan media tumbuh yang berbeda-beda.

Diperkirakan waktu yang diperlukan menghasilkan daging ayam buatan lab 1,5 kg adalah 14 hari. Bandingkan dengan budidaya ayam di kandang peternakan memerlukan waktu 30 – 45 hari.

Selain itu, memanen daging ayam lab tidak perlu repot dengan memotong ayam di rumah potong hewan (slaughtered livestock), tetapi langsung memanen daging ayam di bioreaktor.

Eat Just Inc. memayungi daging buatan ini, termasuk daging ayam buatan lab, dengan merek GOOD Meat.

Singapura adalah negara pertama di dunia mengizinkan secara komersial daging ayam buatan lab GOOD Meat. Izin tersebut dikeluarkan Singapore Food Agency (SFA), regulator pangan di Singapura, Rabu, 2 Desember 2020. SFA menyatakan daging buatan tersebut aman dikonsumsi.

Kemudian, Sabtu, 19 Desember 2020, restoran mewah Klub 1880, Singapura, untuk pertama kali menyediakan hidangan nugget ayam, yang berbahan baku daging ayam buatan lab GOOD Meat.

Sebelumnya, Oktober 2020, Eat Just Inc. menyatakan bahwa JUST Egg, telur yang terbuat dari protein kacang hijau (Vigna radiata) atau mung bean melakukan ekspansi pasar di Singapura.

GOOD Meat menyiapkan dana baru US$ 170 juta

Rabu, 19 Mei 2021, Eat Just Inc. menyisihkan dana baru GOOD Meat US$ 170 juta. Pada Maret 2021, GOOD Meat, divisi usaha Eat Just Inc., berhasil mengumpulkan dana US$ 200 juta.

Pengumpulan dana itu dikelola UBS O’Connor, manager lindung nilai dari UBS Asset Management, Graphene Ventures, K3 Ventures, dan lainnya. Dana itu untuk meningkatkan kapasitas serta mempercepat penelitian dan pengembangan daging lab yang berkualitas tinggi.

Yang bertindak sebagai penasehat investasi tersebut adalah ABG, LLC; BofA Securities, Inc.; Guggenheim Securities, dan VERSO Capital.

“Investasi ini bersamaan dengan keputusan bersejarah JW Marriott Singapore South Beach untuk mengganti daging ayam konvensional dengan daging tanpa memotong hewan. Semakin cepat hal itu terjadi, akan semakin sehat planet kita,” kata Josh Tetrick, co-founder dan Chief Executive Officer (CEO) Eat Just Inc.

Dalam 10 tahun ke depan, akan terjadi perubahan dan disrupsi daging dan ayam global dengan mengganti daging ayam konvensional dengan ayam buatan lab GOOD Meat.
Nasi goreng dengan daging ayam buatan lab GOOD Meat.

Menurut Kevin Russell, pasar daging dan ayam global pada saat ini diperkirakan US$ 2 triliun. Dengan kehadiran daging ayam GOOD Meat, bakal terjadi disrupsi daging ayam konvensional.

“Perubahan dan disrupsi pasar daging dan ayam global tersebut oleh konsumen dalam 10 tahun ke depan untuk memilih daging GOOD Meat daripada daging konvensional, akan memberikan dampak yang bagus terhadap lingkungan,” kata Chief Investment Officer UBS O’Connor itu.

Sebelumnya, menurut Nabil Borhanu, Eat Just Inc. telah memimpin dan mendominasi kategori telur buatan JUST Egg dari tanaman. Kini Eat Just Inc memasarkan daging buatan GOOD Meat.

Diharapkan, kata Founder and Managing Partner, Graphene Ventures, itu GOOD meat akan memimpin pasar daging buatan kategori daging ayam, yang saat ini pasar globalnya US$ 193 miliar.

“Buat kami, ini bukan sekedar daging, tetapi merupakan bahan bakar untuk pertumbuhan makanan alternatif yang ramah terhadap planet, yang dapat mengubah dunia,” kata Borhanu.

Sebelumnya, untuk pengembangan pasar JUST Egg di Singapura, Eat Ust Inc., yang berbasis di Minnesota, Amerika Serikat, berpatungan dengan Proterra Investment Partners Asia Pte. Ltd., mendirikan Eat Just Asia. Proterra menginvestasikan US$ 100 juta dan Eat Just Inc. US$ 20 juta.

GOOD Meat meningkatkan skala produksi

Di Singapura, GOOD Meat fokus mengembangkan tim, teknologi, dan infrastruktur manufaktur untuk memenuhi permintaan pasar di Singapura dan persiapan masuk ke pasar Amerika Serikat.

GOOD Meat, salah satu divisi Eat Just Inc., sedang gencar meningkatkan skala produksinya di Amerika Utara dan Asia dengan investasi jutaan dolar Amerika Serikat.

Eat Just Inc. terus melakukan evaluasi kerjasama dan mengakuisisi sektor-sektor yang pertumbuhannya cepat.

Di Singapura, para pelanggan senang menikmati makanan yang berbasis daging ayam buatan lab GOOD Meat. Tidak hanya di restoran tetapi juga pelanggan di rumah dapat memesan makanan melalui aplikasi foodpanda, platform terkemuka pemesanan dan pengiriman makanan di Asia.

Boleh jadi, sebagai negara yang tidak begitu luas, Singapura bakal menjadi pusat produksi dan pemasaran telur buatan JUST Egg dan daging buatan GOOD Meat.

Produksi daging buatan lab tersebut tidak hanya sebatas daging ayam buatan lab, tetapi juga daging sapi buatan lab, dan sebagainya.

Syatrya Utama | Email: syatrya_utama@yahoo.com

Referensi: Rilis Eat Just Inc., 19 Mei 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here