Buku Panduan Praktis Menulis Artikel.
Buku “Panduan Praktis Menulis Artikel”. Sumber: Dokumentasi Agrikan.

Buku Panduan Praktis Menulis Artikel ini ditulis Ir. Syatrya Utama, MM dan Windi Listianingsih, S.Pi. Syatrya berpengalaman bekerja di Majalah Tempo, Editor, Tiras, Forum Keadilan, Human Health, dan AGRINA. Windi berpengalaman bekerja di AGRINA, majalah yang fokus menyajikan tulisan agribisnis.

Secara definisi, artikel merupakan tulisan atau karangan pendek non-fiksi, sekitar 300-1000 kata, yang membahas topik tertentu yang sedang aktual (hangat). Tulisan dengan bahasa yang singkat, jelas, dan sederhana ini mengandung pendapat atau pandangan seseorang yang didukung dengan data dan fakta.

Jadi, artikel bukan merupakan suatu berita (news), tetapi opini (views). Berita merupakan fakta, baik fakta peristiwa maupun fakta pendapat, tanpa pandangan atau pendapat dari penulis berita tersebut.

Dalam menulis berita, penulis dapat saja menafsirkan fakta tersebut, tetapi hanya sebatas untuk menjahit fakta agar mudah dipahami pembaca.

Sebaliknya, dalam menulis artikel, baik opini maupun kolom, penulis diharuskan menyajikan pendapat, pandangan, atau penafsiran, terhadap fakta. Penulis juga bisa menyajikan solusi pada akhir tulisannya.

Opini, menurut KBBI, merupakan pendapat, pikiran atau pendirian. Opini merupakan karya tulis yang mengungkapkan pendapat penulis terhadap data, fakta, atau pendapat orang lain berdasarkan logika.

Kolom merupakan opini tapi cara penulisannya lebih bergaya (essay with style). Tulisan kolom lebih renyah, mudah dikunyah, ringkas, dan menghibur, tanpa kehilangan kedalaman.

Sementara penulisan opini, biasanya lebih serius dan kering.

Meskipun buku ini berisi panduan praktis menulis artikel, tetapi sebenarnya panduan di sini dapat juga diterapkan pada penulisan non-fiksi lain seperti berita atau feature (karangan khas). Termasuk penulisan di bidang agribisnis (tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, kehutanan, peternakan, perikanan).

Buku ini syarat informasi yang bermanfaat karena ditulis berdasarkan pengalaman penulis sebagai junalis, yang didukung sejumlah referensi. Bagi yang gemar tulis-menulis, sebaiknya memiliki buku ini.

Buku yang diterbitkan Prenadamedia Group (email: pmg@prenadamedia.com dan http:www.prenadamedia.com) ini memuat informasi berikut ini:

  1. Kelengkapan informasi
  2. Memahami selera pembaca
  3. Kepaduan berpikir dan berbahasa
  4. Memilih dan mengembangkan gagasan
  5. Membuat kerangka artikel
  6. Bahan artikel
  7. Mendayagunakan kata
  8. Menyusun kalimat efektif
  9. Membentuk paragraf
  10. Pola pertalian antarparagraf
  11. Gaya bahasa
  12. Corak penalaran
  13. Cara menyajikan argumen
  14. Komposisi artikel
  15. Penyuntingan

Syatrya Utama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here