Proses pemerahan sapi Jersey untuk Greenfields Fresh Jersey Milk menggunakan penampungan khusus untuk memastikan produk ini 100% susu segar sapi Jersey.
Greenfields Fresh Jersey Milk. Sumber: greenfieldsdairyshop.com. Diakses Sabtu, 10 Oktober 2020.

Selama ini, kita mengenal susu segar (fresh milk) itu diperah dari bangsa sapi Friesian Holstein (FH). Bangsa sapi ini berasal dari Provinsi North Holland dan West Friesland di Belanda.

Peternak sapi perah di Indonesia banyak memelihara sapi perah FH ini. Mengenalinya tidak sulit. Perhatikan warna bulunya, yang belang hitam putih. Itulah salah satu ciri khas sapi perah FH.

Tapi tahukah Anda, bangsa sapi Jersey juga menghasilkan susu segar, yang jauh lebih nikmat dan gurih dibandingkan dengan susu segar dari sapi FH.

Bangsa sapi yang bulunya cenderung berwarna cokelat ini berasal dari Pulau Jersey, Selat Channel, yang terletak antara Inggris dan Perancis, sehingga disebut dengan sapi Jersey.

Bobot sapi Jersey dewasa lebih ringan dibandingkan bobot sapi FH. Bobot sapi jantan dewasa Jersey sekitar 625 kg dan betina 425 kg per ekor.

Sementara bobot sapi jantan dewasa FH bisa mencapai 1.000 kg dan betina 635 kg per ekor.

Meski sapi Jersey lebih kecil dibanding sapi FH, tetapi susu sapi Jersey lebih creamy dan lezat. “Karena kandungan total solid di dalam susu (sapi Jersey) lebih tinggi dari susu sapi Holstein,” kata Syahbantha Sembiring, Country Head Marketing and Sales PT Greenfields Dairy Indonesia.

Sapi perah Friesian Holstein berasal dari Provinsi North Holland dan West Friesland di Belanda.
Sapi perah Friesian Holstein (FH). Sumber: mymilk.com. Diakses Sabtu, 10 Oktober 2020.

“Padatan susu (total solid) adalah kandungan protein dan lemak di dalam susu dan mengandung laktosa, kasein, whey protein, dan trace minerals,” kata Darmanto Setyawan, Head of Dairy Manufacturing – SEA, PT Greenfields Indonesia, produsen susu sapi Jersey, Rabu, 23 September 2020.

September 2020 ini PT Greenfields Indonesia meluncurkan Greenfields Fresh Jersey Milk, susu pasteurisasi 100% dari sapi Jersey, yang diklaim pertama dan satu-satunya di Indonesia. Susu ini diperah dari sapi Jersey yang dipelihara di peternakan Greenfields di Wlingi, Blitar, Jawa Timur.

Sapi Jersey bahagia

Setiap sapi Jersey mendapat perawatan kesehatan dari tim dokter hewan dan nutrisi dari ahli gizi untuk memastikan sapi tersebut dipelihara sesuai dengan standar peternakan internasional.

Sapi dimanjakan dengan pakan sehat, yaitu jagung dengan kualitas terbaik, biji-bijian, rumput Alfalfa yang didatangkan khusus dari luar negeri dan jenis rumput lokal khusus yang memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi.

Dengan pakan yang bergizi ini membuat sapi ternutrisi dengan baik dan selalu sehat untuk terus memproduksi susu segar lezat yang merupakan ciri khas susu yang diproduksi Greenfields.

Selain pengaturan nutrisi, sapi Jersey juga memiliki tempat istirahat berupa ‘kasur’ lembut yang secara teratur dibersihkan dan ditambah setiap hari. Sapi juga dirawat kukunya dua kali setahun.

Bobot sapi Jersey lebih ringan dari sapi Friesian Holstein, tapi susu sapi Jersey lebih creamy dan lezat.
Sapi Jersey di peternakan Greenfields di Wlingi, Blitar, Jawa Timur. Sumber: troboslivestock.com. Diakses Sabtu, 10 Oktober 2020.

Sapi Jersey juga berolahraga secara teratur. Sapi berjalan kaki setiap hari dari kandang tempat mereka tinggal ke lokasi pemerahan tiga kali sehari sehingga mereka selalu sehat dan bahagia.

“Proses pemerahan sapi Jersey untuk Greenfields Fresh Jersey Milk juga sangat kami perhatikan untuk memastikan bahwa susu yang digunakan untuk produk ini adalah 100% susu segar sapi Jersey,” jelas Hani Yudayan, Head of Farm 1 PT Greenfields Indonesia.

“Tangki penampungan susu yang kami gunakan untuk menampung susu sapi Jersey pun khusus hanya untuk susu sapi Jersey,” tambah Hani Yudayan.

Perlu diketahui, di samping memproduksi susu segar dari sapi Jersey, Greenfields sudah lama memproduksi susu segar dari sapi FH.

Sama seperti produk susu segar lainnya, Jersey Milk juga melewati proses pasteurisasi untuk menghancurkan bakteri patogen, spora, mikroorganisme yang tidak baik, namun tetap menjaga kesegaran dan rasa creamy dari susu.

Konsumen yang bijak

Saat ini banyak orang memandang lemak sebagai kandungan yang tidak baik bagi tubuh. Sama dengan kandungan lainnya, terlalu banyak makan lemak memang tidak baik untuk tubuh kita.

Namun sebenarnya lemak itu merupakan zat gizi yang penting untuk tubuh kita. Lemak berfungsi untuk menyerap vitamin, terutama vitamin A dan D.

Sapi Jersey berolahraga teratur, berjalan kaki setiap hari dari kandang tempat mereka tinggal ke lokasi pemerahan tiga kali sehari sehingga mereka selalu sehat dan bahagia.
Ilustrasi. Sapi Jersey di padang rumput. Sumber: majalahjustforkids.com. Diakses Sabtu, 10 Oktober 2020.

Susu sapi Jersey mengandung lemak sekitar 4,7%, lebih tinggi dari susu segar FH, yang sekitar 3,7%.

Tapi perlu diingat, lemak pada susu merupakan lemak alami dan memiliki nilai gizi untuk tubuh.

Lemak pada susu, menurut ahli gizi Emilia E. Achmadi, MS., RDN., terdiri atas lemak jenuh yang mudah dicerna organ hati dan baik untuk saraf. Selain itu terdiri atas lemak omega 3 dan lemak tak jenuh yang berguna untuk melindungi kardiovaskular (jantung dan aliran darah).

“Saya terus meyakinkan masyarakat bahwa sehat dan enak itu bisa berbarengan. Apa yang saya ajarkan ini ada di susu Jersey. Dari rasa ada fullness dan creamy. Protein dan lemak lebih tinggi (dari susu sapi FH) tapi hanya tipis dan masih dalam konteks sehat dan seimbang,” katanya.

Jadi, “Kalau ingin mengurangi kandungan lemak pada makanan, akan lebih baik jika mengurangi  camilan-camilan seperti kacang dan gorengan tetapi tidak mengurangi konsumsi susu,”  kata Emilia.

Sebagai konsumen kita harus bijak memilih makanan yang akan kita masukkan ke dalam tubuh kita. “Pilihlah makanan-makanan yang bernutrisi dan memiliki kandungan-kandungan baik untuk tubuh kita,” tambah Emilia.

Susu sapi segar merupakan salah satu sumber gizi terbaik untuk keluarga, orang dewasa, maupun anak-anak. Kandungan di dalamnya berupa kalsium yang baik untuk kesehatan tulang, protein untuk membangun otot, serta vitamin dan mineral untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

“Susu segar juga merupakan salah satu sumber vitamin D alami yang aman untuk dikonsumsi setiap hari. Semua kandungan ini bisa didapatkan di Greenfields Fresh Jersey Milk,” kata Emilia.

Dengan rasanya yang cenderung creamy, membuat susu sapi Jersey ini tidak hanya cocok untuk diminum langsung tapi juga bisa dibuat produk susu seperti campuran kopi atau membuat kue.

Greenfields Fressh Jersey Milk merupakan salah satu sumber gizi terbaik untuk keluarga, orang dewasa, maupun anak-anak.
Ilustrasi. Minum Greenfields Fresh Jersey Milk. Sumber: suara.com. Diakses Sabtu, 10 Oktober 2020.

“Untuk hidangan savory, makanan-makanan dengan tekstur renyah dan rasa yang asin, gurih maupun pedas, cocok dinikmati dengan rasa Greenfields Fresh Jersey Milk yang manis dan creamy,” kata Chef Devina Hermawan.

“Sementara untuk hidangan manis, sudah menjadi kombinasi yang klasik dan lezat saat menikmati hidangan manis bersama susu,” tambah Devina.

Saat bersantap, menurut Devina, orang hanya menikmati 20% rasa dari makanan. Selebihnya orang cenderung memperhatikan aroma dan tekstur makanan. Susu bakal memperkaya rasa.

Coba Anda padukan susu dengan makan sate lilit bali (sate dari fillet ikan yang digiling dan dicetak sebelum dibakar), yang rasanya kontras. “Setelah makan sate lalu minum susu, akan timbul rasa manis. Jika minum susu dulu baru makan sate, sate akan lebih gurih,” kata Devina.

Syatrya Utama | Email: syatrya_utama@yahoo.com

Referensi:

  1. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200924163500-260-550551/mengenal-susu-jersey-yang-gurih-dan-creamy. Diakses Minggu, 18 Oktober 2020.
  2. https://www.medcom.id/rona/kesehatan/GKdOq0ek-mengenal-susu-sapi-jersey-dan-perbedaannya-dengan-susu-sapi-holstein?p=all. Diakses Sabtu, 10 Oktober 2020.
  3. https://www.elysetiawan.com/2018/12/perbandingan-sapi-friesian-holstein-fh.html. Diakses Sabtu, 10 Oktober 2020.
  4. https://id.bccrwp.org/compare/difference-between-jersey-cow-and-holstein-cow/. Diakses Sabtu, 10 Oktober 2020.
  5. http://troboslivestock.com/detail-berita/2018/07/01/8/10431/sapi-jersey-alternatif-tingkatkan-ssdn. Diakses Sabtu, 10 Oktober 2020.
  6. https://republika.co.id/berita/qhangk414/susu-sapi-jersey-vs-holstein-apa-bedanya. Diakses Sabtu, 10 Oktober 2020.
  7. https://www.suara.com/pressrelease/2020/09/23/220833/greenfields-luncurkan-susu-dari-sapi-jersey-pertama-di-indonesia?page=2. Diakses Sabtu, 10 Oktober 2020.
  8. https://bengkulu.antaranews.com/berita/126065/mengenal-susu-jersey-dari-sapi-cokelat-yang-mungil. Hari Sabtu, 10 Oktober 2020.
  9. https://www.majalahjustforkids.com/telah-hadir-susu-sapi-jersey-segar-dengan-rasa-lebih-creamy-pertama-kali-di-indonesia/. Diakses Sabtu, 10 Oktober 2020.
  10. https://greenfieldsdairyshop.com/. Diakses Sabtu, 10 Oktober 2020.
  11. https://greenfieldsdairy.com/id/business/our-cows/. Diakses Sabtu, 10 Oktober 2020.
Berkat pertanian, Wayan Supadno sukses bangkit dari kebangkrutan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here