Itik pedaging
Itik pedaging unggul MA RAJA

Balai Pembibitan Ternak Unggul Kambing Domba dan Itik (BPTU KDI), Pelaihari, Kalimantan Selatan, telah mengembangkan itik yang pertumbuhannya lebih cepat. Itik ini dapat digunakan sebagai penghasil daging yang potensial dan efisien.

MA RAJA merupakan itik jantan hibrida unggul hasil seleksi dari serangkaian perkawinan antara dua bangsa yang berbeda secara terus menerus sampai beberapa generasi. Yaitu bangsa itik mojosari dan alabio (MA). Dari seleksi tersebut, masing-masing bangsa itik tersebut terbentuk galur yang murni.

Sebagai itik pedaging, pertumbuhan MA RAJA lebih cepat dari itik jantan lainnya. Dagingnya lebih tebal, empuk, berwarna putih, dan gurih rasanya. Keunggulan lain MA RAJA adalah konsumsi pakan lebih efisien, tahan terhadap penyakit, dan tahan terhadap stres.

Karkas itik pedaging
Karkas itik MA RAJA.

Dengan keunggulan tersebut di atas, diharapkan MA RAJA dapat dijadikan sebagai itik pedaging yang dapat memenuhi kebutuhan protein hewani asal unggas bagi masyarakat.

Produktivitas itik MA RAJA.

Itik MA RAJA dapat dikembangkan di seluruh Indonesia. Itik ini memiliki daya adaptasi yang tinggi dengan kondisi iklim di Indonesia.

Karakteristik Itik MA RAJA

  • Warna bulu cokelat kehitam-hitaman dengan kombinasi warna putih pada bagian bawah dada dan perut. Pada bagian leher terdapat bintik-bintik putih memanjang dari bawah mulut sampai bawah perut.
  • Pada bagian sayap terdapat beberapa lembar bulu suri yang mengkilap berwarna biru kehitaman.
  • Pada bagian kepala terdapat garis putih di atas mata menyerupai alis.
  • Warna paruh hitam, sedangkan warna kaki ada yang hitam juga ada yang kuning. Hal ini disebabkan adanya gen yang dominan dari dua bangsa yang disilangkan.

Pakan

Pakan yang diberikan dapat berupa ransum campuran sendiri dengan memanfaatkan limbah pertanian atau perikanan sesuai dengan potensi wilayah masing-masing.

Kebutuhan gizi pakan itik pedaging.

Selain itu, dapat juga diberi pakan jadi untuk ayam potong buatan pabrik.

Yang terpenting dari pakan ini adalah terpenuhinya zat gizi untuk kebutuhan itik.

Referensi:

  1. Brosur Itik Pedaging Unggul MA RAJA, BPTU KDI, Pelaihari, Kalimantan Selatan.
  2. https://agrikan.id/itik-parent-stock-alabio/.
  3. https://agrikan.id/itik-parent-stock-mojosari/.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here