Dewi Sartika alias Rika Yohan dan Marwan Iswandi bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Selatan periode 2021 – 2025.
Dewi Sartika (tengah kiri) dan Marwan Iswandi (tengah kanan). Sumber: bengkulutoday.com. Diakses Senin, 7 September 2020.

Empat pasangan bakal calon (pabalon) Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Selatan untuk periode 2021 – 2025 sudah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkulu Selatan.

Empat pabalon yang mendaftar sebagai berikut:

  • Hartawan dan Darmin, yang didukung PAN, PKPI, dan PKS dengan total 5 kursi di DPRD Bengkulu Selatan. Mendaftar Jumat, 4 September 2020.
  • Gusnan Mulyadi dan Rifai Tajuddin, yang didukung Nasdem dan Golkar dengan total 7 kursi di DPRD Bengkulu Selatan. Keduanya pasangan petahana. Mendaftar Jumat, 4 September 2020.
  • Budiman Ismaun dan Helmi Paman, yang didukung PDIP dan Gerindra dengan total 7 kursi di DPRD Bengkulu Selatan. Mendaftar Jumat, 4 September 2020.
  • Dewi Sartika dan Marwan Iswandi, yang didukung Demokrat, Perindo, dan Berkarya dengan total 6 kursi di DPRD Bengkulu Selatan. Mendaftar Minggu, 6 September 2020. Dewi Sartika akrab dipanggil Rika Yohan.

KPU akan memverifikasi berkas pendaftaran 6 – 12 September 2020. Jadwal pemeriksaan kesehatan pabalon Bupati dan Wakil Bupati 4 – 11 September. Penetapan pasangan calon 23 September 2020.

Gusnan Mulyadi dan Rifai Tajuddin bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Selatan periode 2021 – 2025.
Rifai Tajuddin (kiri) dan Gusnan Mulyadi (kanan). Sumber: bengkulutoday.com. Diakses Senin, 7 September 2020.

Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Selatan ini akan dilakukan pada Rabu, 9 Desember 2020. Serentak dengan pemilihan kelapa daerah (pilkada) di seluruh Indonesia.

Melayani dan menyejahterakan rakyat

Sebagaimana kita ketahui, menurut Pasal 5 Perda No. 11 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Bengkulu Selatan 2011 – 2031 disebutkan bahwa pembangunan Bengkulu Selatan yang merata yang terpadu berbasis agropolitan, pariwisata, dan mitigasi bencana berkelanjutan.

Jadi, sebenarnya kabupaten berpenduduk sekitar 156.930 jiwa ini sudah mengusung pembangunan yang berbasis agropolitan. Yang diperlukan adalah mewujudkan pembangunan agropolitan di kabupaten dengan luas wilayah 118.610 ha ini. Hal inilah salah satu yang diharapkan rakyat dari pemimpin terpilih.

Budiman Ismaun dan Helmi Paman bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Selatan periode 2021 – 2025.
Budiman Ismaun dan Helmi Paman. Sumber: budi-helmi.com. Diakses Senin, 7 September 2020.

Kecamatan Pino, Pino Raya, Manna, Bunga Mas, dan Kedurang Ilir diperuntukan kawasan perkebunan kelapa dan kelapa sawit. Sementara peruntukan kawasan perkebunan karet, kopi, kakao, cengkeh, kayu manis, lada, aren, pinang, dan kapok tersebar di seluruh kabupaten yang terdiri atas 11 kecamatan itu.

Kecamatan Ulu Manna, Pino Raya, Seginim, dan Kedurang diperuntukan kawasan hortikultura (di Bengkulu Selatan hanya meliputi aneka sayur, aneka buah, dan biofarmaka). Kawasan peruntukan peternakan ayam, sapi, dan kambing di Kedurang Ilir, Ulu Manna, Kedurang, Pino Raya, dan Seginim.

Hartawan dan Darmin bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Selatan periode 2021 – 2025.
Hartawan dan Darmin. Sumber: andusti.com. Diakses Senin, 7 September 2020.

Peruntukan kawasan perikanan tangkap di Kecamatan Pasar Manna dengan komoditas ikan pelagis (hidup di permukaan laut) besar, ikan pelagis kecil, dan ikan dimersal (hidup di dasar laut). Peruntukan kawasan perikanan budidaya air tawar didikembangkan di Seginim, Kedurang Ilir, dan Kedurang.

Sebagaimana amanat UUD 45 dan peraturan perundang-perundangan, sesungguhnya tugas pemerintah (dalam hal ini kepala daerah) itu melayani dan menyejahterahkan masyarakat. Hal inilah yang menjadi pedoman rakyat memilih pemimpin. Pilih pemimpin yang ikhlas melayani dan menyejahterakan rakyat.

Syatrya Utama | Email: syatrya_utama@yahoo.com.

Berkat pertanian, Wayan Supadno sukses bangkit dari kebangkrutan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here