Lianhua Qingwen Capsules terdaftar di BPOM sebagai jamu.
Hasil pengecekan Lianhua Qingwen Capsules terdaftar di BPOM RI. Diakses Sabtu, 15 Agustus 2020.

Lianhua Qingwen Capsules terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia atas nama PT Intra Aries.

Belakangan obat herbal ini sangat populer di masyarakat karena dinilai dapat meringankan gejala Covid-19. Benarkah demikian?

Obat herbal dengan nomor registrasi POM TI 144 348 471 ini dikemas dalam dus. Satu dus berisi dua blister. Satu blister berisi 12 kapsul. Jadi, total 24 kapsul per dus.

TI sebagai penanda obat tradisional impor. Untuk obat tradisional yang diproduksi di dalam negeri diberi kode TR. Jadi sebenarnya Lianhua Qingwen Capsules ini tergolong jamu.

Agrikan menelusuri jamu ini melalui website BPOM. Nomor registrasi obat ini diterbitkan BPOM pada 13 Juni 2019 atas nama PT Intra Aries, jauh sebelum pandemi Covid-19.

Manfaat Lianhua Qingwen Capsules

Dari pendaftaran, jamu herbal ini disebutkan berkhasiat membantu meredakan panas dalam yang disertai dengan tenggorokan kering dan meredakan batuk.

Rincian manfaat Lianhua Qingwen Capsules yang dikutip dari website doktersehat.com:

  • Mengatasi infeksi virus influenza.
  • Membantu meringankan gejala influenza.
  • Membantu mengatasi demam.
  • Membantu mengatasi sakit kepala dan sakit tenggorokan.
  • Membantu mengatasi hidung tersumbat, nyeri sendi, dan nyeri otot.
  • Membantu mengatasi sindrom pernapasan akibat infeksi virus.
  • Digunakan sebagai obat darurat untuk mengurangi gejala akut pada infeksi SARS tahun 2002-2003 di China.

Di masyarakat diduga masih beredar Lianhua Qingwen Capsules yang tidak bernomor registrasi BPOM.

Sebagai konsumen, sebaiknya membeli Lianhua Qingwen Capsules yang sudah mendapat izin edar BPOM RI.
Lianhua Qingwen Capsules dengan nomor registrasi POM TI 144 348 471 pada kemasan luar dan blister. Sumber: tokopedia.com/gdominique/. Diakses Sabtu, 15 Agustus 2020.

Sebaiknya konsumen membeli obat asli yang sudah terdaftar di BPOM. Karena obat yang sudah mempunyai nomor registrasi berarti sudah diizinkan beredar di Indonesia.

Komposisi Lianhua Qingwen Capsules

Komposisi jamu herbal yang diproduksi Shijiazhuang Yiling Pharmaceutical Co., Ltd., China, ini terdiri atas 11 herbal dan 64 senyawa antara lain flavonoid, fenilprovanoid, antrakuinon, triterpenoid, dan idioid.

Di China, produsen obat ini sudah mendapat izin State Drug Administration untuk menggunakan Lianhua Qingwei, dalam bentuk kapsul (capsule) atau butiran (granule), untuk mengurangi gejala infeksi virus ringan seperti demam, batuk, dan kelelahan selama 7-8 hari perawatan.

Komposisi Lianhua Qingwen Capsules terdiri atas 11 herbal, 64 senyawa, dan senyawa lain yang berlum teridentifikasi.

Berdasarkan penelitian terbaru, Beijing News melaporkan jamu herbal ini dapat menghambat replikasi virus Corona (SARS-Cov-2, penyebab Covid-19) dalam sel Vero E6 dan menginduksi faktor-faktor inflamasi. Hasil ini dikaitkan dapat melawan peradangan pada pasien Covid-19.

Meski demikian, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut apakah Lianhua Qingwen Capsules dapat menyembuhkan Covid-19. Sebab sampai sekarang Lianhua Qingwen ini masih berstatus jamu.

Karena itu, dari izin BPOM RI, Lianhua Qingwen Capsules ini disebutkan berkhasiat membantu meredakan panas dalam yang disertai dengan tenggorokan kering dan meredakan batuk.

Syatrya Utama | Email: syatrya_utama@yahoo.com

Referensi:

  1. https://doktersehat.com/lianhua-qingwen/. Diakses Sabtu, 15 Agustus 2020.
  2. https://www.bbc.com/indonesia/dunia-53215832. Diakses Sabtu, 15 Agustus 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here