Pompa pertanian bertenaga surya
Submersible pump (pompa rendam) SQFlex Large Grundfos. Sumber: Rilis Grundfos.

Grundfos, pemimpin global solusi pompa dan teknologi air canggih, memperkenalkan pompa pertanian bertenaga surya SQFlex Large yang baru.

SQFlex Large ini merupakan rangkaian submersible pump (pompa rendam, celup, atau benam) yang sudah ada sebelumnya.

Dengan perluasan produk, sekarang SQFlex Grundfos memiliki lima model pompa rendam kecepatan tinggi. Yaitu tiga berkapasitas besar, dua sedang, dan satu kecil.

Dengan demikian, Grundfos sudah menyediakan rangkaian lengkap aplikasi pemompaan air bertenaga surya.

Rangkaian baru pompa rendam bertenaga surya tersebut menyediakan pasokan air yang andal untuk penyiraman, irigasi, serta pasokan dan transfer air di pertanian (agribisnis).

Seiring upaya Indonesia mengurangi emisi karbon, penggunaan SQFlex Large ini diarahkan di pertanian. Sebab pertanian menyumbang lebih 30% dari seluruh energi yang dikonsumsi.

Dengan menggunakan pompa bertenaga surya SQFlex Large Grundfos dapat menghemat energi dan mengurangi emisi karbon di pertanian.

Menurut sebuah studi, pada tahun 2030 peningkatan konsumsi energi di Indonesia, termasuk bidang pertanian, bakal meningkat menjadi lebih dari tiga kali lipat.

Sebagai solusinya, Indonesia berupaya menggunakan energi terbarukan. Kehadiran SQFlex Large Grundfos ini merupakan salah satu solusi mengurangi penggunaan energi di pertanian.

“Pelanggan kami dapat menggunakan SQFlex Large yang andal, mudah dipasang, dan sedikit perawatan,” kata Rick Holland, Direktur Penjualan Regional Senior, Utilitas Air – APAC & Direktur Negara Australia.

Ringkasan manfaat penggunaan SQFlex Large Grundfos:

  • Pemakaian sangat panjang: Dibuat untuk kondisi yang keras dengan konstruksi baja tahan karat dan berbahan pasang anoda seng.
  • Kontrol cerdas: Kontrol motor menyesuaikan kecepatan pompa dengan input daya DC tenaga surya.
  • Kompatibel: Dapat digunakan dengan berbagai catu daya, seperti tenaga surya, generator, atau AC.
  • Perlindungan cerdas: Jika lubang atau kantong air mengering, motor terlindungi dan akan berhenti beroperasi, memulai ulang secara otomatis.
  • Biaya operasi rendah: Penggunaan energi terbarukan menghasilkan biaya operasi yang sangat rendah.
  • Perawatan yang rendah: Elektronik bawaan dan penggunaan bahan berkualitas tinggi menawarkan pengoperasian pompa yang lebih baik.

Cara kerja pompa rendam

Pompa rendam memiliki motor penggerak yang digabungkan dengan bagian badan pompanya. Dalam proses pemompaan, seluruh pompa rendam ini terendam di dalam air yang akan dipompakannya.

Pompa rendam merupakan pompa sentrifugal. Pompa ini mengubah energi kinetis (kecepatan putaran) menjadi energi potensial (dinamis), yang berfungsi mendorong air ke permukaan atau lokasi lain.

Energi potensial pompa rendam ini dihasilkan dari suatu impeller yang berputar dalam ruang pompa (casing). Karena itulah cara kerja pompa rendam (submersible pump) ini berbeda dengan jet pump.

Jika jet pump bekerja dengan cara menyedot dan mendorong air, sementara pompa rendam dengan cara mendorong air menuju ke permukaan.

Karena itulah pompa rendam ini membutuhkan syarat ketinggian air yang akan dipompakan. Kelebihan SQFlex Grundfos, ketika kantong atau lubang air mengering, motor akan terlindungi dan akan berhenti bergerak. Motor akan bergerak atau berputar otomatis ketika lubang atau kolam air kembali berisi.

Sebagaimana kita ketahui, dalam pengoperasiannya pompa rendam harus direndam di dalam kolam atau lubang air yang akan dipompakan. Karena itu, motornya pun dikemas kedap air sehingga aman.

Cloud Hosting Indonesia

Di pasaran banyak terdapat merek pompa rendam. Tetapi ada pompa rendam yang secara kualitas akan rusak jika dioperasikan pada saat kolam atau lubang air mengering.

Berbeda dengan SQFlex Grundfos. Ketika kantong atau lubang air tempat pompa rendam mengering, motornya berhenti dan terlindungi, dan akan bergerak otomatis ketika lubang itu kembali berisi air.

Syatrya Utama | Email: syatrya_utama@yahoo.com

Referensi:

  1. Rilis Grundfos, 28 September 2021.
  2. https://www.99.co/blog/indonesia/kelebihan-pompa-submersible/.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here