Paprika merah merupakan salah satu makanan yang kaya vitamin C.
Paprika merah kaya vitamin C. Gambar oleh Sergey Nemo dari Pixabay.

Daya tahan tubuh merupakan kemampuan tubuh melawan serangan antigen seperti bakteri, parasit, jamur, dan virus ketika masuk ke dalam tubuh.

Daya tahan tubuh ini bersumber dari sistem imun atau kekebalan tubuh, yaitu sekelompok sel, jaringan, dan organ khusus yang bekerja sama melawan antigen tersebut.

Di tengah pandemi Covid-19, yang disebabkan oleh virus, kita perlu meningkatkan daya tubuh agar kuat dalam memukul mundur serangan penyakit yang membahayakan tersebut.

Perlu diingat, penguatan daya tahan tubuh ini bukan sebagai obat, tetapi peningkat kekuatan daya tahan sehingga diharapkan tubuh kuat melawan serangan antigen.

Berikut ini 5 vitamin dan 3 mineral yang berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh:

  1. Vitamin C
  2. Vitamin E
  3. Vitamin A
  4. Vitamin D
  5. Folat/asam folat
  6. Besi (Fe)
  7. Selenium (Se)
  8. Seng (Zn)

Tetapi sudut pandang (angle) tulisan ini menekankan bahwa masyarakat dianjurkan mengonsumsi vitamin dan mineral yang berasal dari makanan.

Bagi yang ingin memakan suplemen vitamin dan mineral, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter.

Makanan yang mengandung vitamin C

Vitamin C dapat membantu meningkatkan produksi sel-sel darah putih, yang berperan penting dalam sistem imun atau kekebalan tubuh.

Berikut makanan yang mengandung vitamin C, yang dianjurkan untuk dikonsumsi:

Makanan yang mengandung vitamin E

Seperti halnya vitamin C, vitamin E merupakan antioksidan yang sangat ampuh untuk melawan infeksi.

Berikut makanan yang mengandung vitamin E, yang dianjurkan untuk dikonsumsi:

  • Minyak nabati seperti minyak kelapa sawit (palm oil), minyak kedelai, minyak bunga matahari, minyak bekatul, dan sebagainya.
  • Almond
  • Kuaci (biji bunga matahari)
  • Hazelnut
  • Alpukat
  • Kacang tanah
  • Brokoli

Makanan yang mengandung vitamin A

Vitamin A dapat meningkatkan respon antibodi ketika tubuh terserang mikroorganisme seperti bakteri, parasit, jamur, dan virus.

Berikut makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi karena kaya karotenoid (yang di dalam tubuh akan dikonversi menjadi vitamin A):

  • Ikan salmon
  • Ikan kembung
  • Minyak hati ikan kod
  • Telur ikan atau caviar
  • Hati ayam
  • Keju
  • Telur rebus
  • Ubi jalar
  • Labu
  • Buah kesemek
  • Blewah
  • Sawi
  • Wortel
  • Paprika merah
  • Bayam
Telur mengandung vitamin A, yang dapat meningkatkan respon antibodi.
Telur rebus, salah satu sumber vitamin A. Gambar oleh Karl Allen Lugmayer dari Pixabay.

Makanan yang mengandung vitamin D

Vitamin D terdiri atas dua, yaitu vitamin D2 dan vitamin D3. Yang berasal dari sinar matahari adalah vitamin D3 (biasa disebut vitamin matahari), sedangkan yang dari makanan adalah vitamin D2.

Menurut hasil penelitian, vitamin D yang berasal dari sinar matahari relatif lebih baik dari vitamin D yang berasal dari makanan. Sekitar 80% vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh berasal dari sinar matahari.

Vitamin D ini, baik yang berasal dari sinar matahari maupun dari makanan, sangat penting dan ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Berikut ini makanan yang mengandung vitamin D, yang dianjurkan untuk dikonsumsi:

  • Ikan berminyak seperti salmon, tuna, saden, dan kembung.
  • Minyak ikan
  • Kuning telur
  • Hati sapi
  • Susu yang difortifikasi dengan vitamin D
  • Jamur
  • Sereal yang difortikasi dengan vitamin D

Makanan yang mengandung folat atau asam folat

Biasanya terminologi folat berarti dalam bentuk alami, sedangkan asam folat dalam bentuk sintetis.

Folat atau asam folat merupakan bagian dari grup vitamin B, yaitu vitamin B9. Folat atau asam folat ini sangat penting dalam menyehatkan tubuh sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Berikut makanan yang mengandung folat atau asam folat, yang dianjurkan untuk dikonsumsi:

  • Hati ayam
  • Hati sapi
  • Unggas
  • Bayam
  • Asparagus
  • Selederi
  • Brokoli
  • Buncis
  • Lobak hijau
  • Wortel
  • Kacang panjang
  • Selada
  • Alpukat
  • Jeruk
  • Buah bit
  • Pisang
  • Tomat
  • Melon jingga
  • Biji bunga matahari
  • Gandum
  • Pasta gandum utuh
  • Jagung
  • Kacang polos hitam
  • Kacang merah
  • Kacang lentil
  • Kacang kedelai
  • Kacang hijau
  • Kuning telur
  • Sereal yang diperkaya asam folat.

Makanan yang mengandung zat besi

Zat besi (Fe) mempunyai peran penting dalam membawa oksigen ke seluruh sel-sel tubuh sehingga mempunyai peran penting dalam sistem imun atau kekebalan tubuh.

Berikut makanan yang mengandung zat vesi, yang dianjurkan untuk dikonsumsi:

  • Daging merah seperti daging sapi, daging kerbau, daging kambing, daging domba, dan daging babi.
  • Hati sapi, ayam, dan bebek.
  • Makanan laut seperti, tiram, udang, kepting, kerang, resmis, lobster, ikan tuna, ikan kembung, dan ikan sarden.
  • Bayam
  • Cokelat gelap (dark chocolate)
  • Kacang polong
  • Kacang lentil
  • Tahu
  • Kentang
  • Oatmeal
  • Kale
  • Brokoli
  • Sereal yang difortifikasi dengan zat besi.

Makanan yang mengandung zat selenium

Selenium (Se) sangat penting dan ampuh untuk meningkatkan sistem imun tubuh untuk mencegah infeksi.

Berikut makanan yang mengandung selenium, yang dianjurkan untuk dikonsumsi:

  • Ikan tuna
  • Udang
  • Ikan salmon
  • Ikan sarden
  • Ikan kembung
  • Sotong
  • Daging babi
  • Daging sapi
  • Daging ayam
  • Kacang Brazil
  • Tahu
  • Jamur shitake
  • Jamur portobello
  • Pasta gandum utuh
  • Telur
  • Biji bunga matahari
  • Chia seed
  • Daging kelapa
  • Biji wijen
  • Bayam

Makanan yang mengandung zat seng

Seng (Zn) diperlukan untuk membantu produksi sel-sel baru untuk sistem imun atau kekebalan tubuh.

Berikut makanan yang mengandung seng, yang dianjurkan untuk dikonsumsi:

  • Kerang-kerangan seperti tiram, kepiting, remis, dan lobster.
  • Daging merah seperti daging sapi, daging kerbau, daging kambing, daging domba, dan daging babi.
  • Kacang-kacangan
  • Produk susu
  • Telur
  • Biji-bijian utuh
  • Cokelat gelap (dark chocolate)
  • Kentang
  • Kale

Nah, demikianlah sahabat Agrikan.id tentang 5 vitamin dan 3 mineral dari makanan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Syatrya Utama | Email: syatrya_utama@yahoo.com

Referensi:

  1. Prayudi Syamsuri dkk. 2020. Buku Saku Bahan Pangan Potensial untuk Anti Virus dan Imune Booster. Cetakan Pertama. Bogor: Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian.
  2. https://health.clevelandclinic.org/eat-these-foods-to-boost-your-immune-system/.
  3. https://www.alodokter.com/daftar-makanan-yang-mengandung-vitamin-c-tinggi.
  4. https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/sumber-vitamin-e/
  5. https://www.alodokter.com/beragam-makanan-yang-mengandung-vitamin-a-dan-manfaatnya.
  6. https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/sumber-vitamin-d/.
  7. https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/makanan-yang-mengandung-zat-besi/.
  8. https://www.sehatq.com/artikel/sumber-makanan-yang-mengandung-selenium-mineral-yang-berperan-penting-untuk-metabolisme-tubuh.
  9. https://www.sehatq.com/artikel/makanan-mengandung-zinc-yang-bisa-memperkuat-sistem-imun-tubuh.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

20 KOMENTAR

  1. I would like to thnkx for the efforts you’ve put in writing this web site.
    I am hoping the same high-grade blog post from you in the upcoming as well.
    Actually your creative writing abilities has inspired me to get
    my own web site now. Actually the blogging is spreading its wings quickly.

    Your write up is a good example of it.

    Here is my web blog Hedofirm 360 Pills (http://www.mi77b.cn)

  2. I am glad for writing to make you know of the remarkable discovery our child experienced reading through your web page.

    She mastered many issues, which include how it is like to possess
    an ideal helping heart to have others without
    hassle fully grasp several tricky topics. You actually did more than her desires.
    Thank you for showing these helpful, trustworthy, explanatory and cool tips about the topic
    to Tanya.

    Look at my webpage Alive CBD Review

  3. Главные достоинства онлайн-клуба:

    большой выбор развлечений азартной тематики (слоты, настольные
    и карточные игры в режиме live, беттинг, денежные турниры и розыгрыши лотерей);
    постоянное обновление коллекции игр;
    бонусная программа для всех категорий геймеров;
    возможность играть в тренировочном формате;
    доступность мобильного приложения.

  4. I used to be suggested this blog by my cousin. I’m now
    not sure whether or not this post is written by way of him as nobody else realize such designated about my difficulty.
    You’re amazing! Thanks!

  5. Greetings from Los angeles! I’m bored at work so I
    decided to browse your blog on my iphone during lunch break.
    I really like the info you provide here and can’t wait to take a look when I
    get home. I’m shocked at how quick your blog loaded on my cell phone ..
    I’m not even using WIFI, just 3G .. Anyways, superb blog!

    Also visit my web blog: Total Keto 365 Reviews

  6. Hi I am so thrilled I found your blog page, I really found you by
    accident, while I was researching on Bing for something else, Anyhow I am here now and would just like to say
    cheers for a incredible post and a all round interesting blog (I also love the theme/design), I don’t have time to read through it all at
    the minute but I have bookmarked it and also added in your RSS feeds, so when I have time I
    will be back to read much more, Please do keep up the great work.

    Also visit my web blog :: Evergold Farms CBD Review

  7. Do you mind if I quote a couple of your posts as long as I provide credit and
    sources back to your weblog? My blog site is in the exact same area of
    interest as yours and my visitors would certainly
    benefit from a lot of the information you provide here.

    Please let me know if this alright with you. Thanks!

  8. Hi, I do believe this is an excellent blog. I stumbledupon it ;
    ) I will come back yet again since I book marked it. Money and
    freedom is the best way to change, may you be rich and continue to guide other people.

  9. Aw, this was an exceptionally good post. Taking
    a few minutes and actual effort to generate a very good article… but what can I say… I procrastinate
    a lot and never seem to get nearly anything done.

  10. Definitely believe that which you said. Your favourite reason appeared to be at the web the easiest thing to remember of.
    I say to you, I certainly get annoyed while people consider issues that they
    plainly do not realize about. You controlled to hit the nail upon the top and also defined out the whole thing without having side effect , other folks could take a signal.
    Will probably be back to get more. Thank you!

    Take a look at my blog post – Mathias

  11. Hey! This is my first visit to your blog! We are a collection of volunteers and starting a new initiative in a community in the same niche.

    Your blog provided us beneficial information to
    work on. You have done a marvellous job!

    My site Dedra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here