Tujuh tahap pengolahan kopi instan dari bubuk kopi biasa.
Ilustrasi. Delapan merek produk kopi instan. Sumber: my-best.id dan bp-guide.id. Diakses Selasa, 1 September 2020.

Kopi instan merupakan kopi yang diekstraksi atau disarikan dari bubuk kopi biasa atau bubuk kopi rendah kafein.

Yang akan dijelaskan di sini adalah kopi instan biasa, kopi instan rendah kafein, dan 10 merek produk kopi instan yang beredar di pasaran.

Kopi instan biasa

Terdapat berbagai teknologi pengolahan kopi instan biasa. Tetapi secara umum pengolahan kopi instan ini dilakukan melalui tujuh tahap.

  • Kopi bubuk
  • Pelarutan
  • Kristalisasi
  • Penghalusan
  • Pencampuran
  • Pengemasan
  • Pelabelan

Kopi bubuk

Bahan baku kopi instan biasa ini adalah kopi bubuk sangrai. Kopi ini diperoleh dari penghalusan kopi sangrai (roasted coffee bean). Tingkat kehalusan kopi bubuk ini diperoleh dari hasil ayakan 60 Mesh.

Pelarutan

Kemudian kopi bubuk di atas diekstraksi atau disarikan secara batch dalam kolom dengan sirkulasi pelarut air pada suhu 800C selama 45 menit.

Perbandingan bubuk kopi dengan pelarut air adalah 1 bagian (berat) kopi bubuk dan 3,5 bagian (berat) pelarut air.

Sisa bubuk hasil pelarutan dikempa untuk mengekstraksi komponen kopi yang masih tersisa. Setelah dikempa, sisa bubuk ini bisa diolah menjadi biogas.

Rendemen ekstraksi 30 – 32% (berat). Maksudnya, jika kita mengekstraksi atau menyarikan 100 gram bubuk kopi, maka diperoleh ekstrak sekitar 30 – 32 gram untuk diolah menjadi kopi instan.

Kristalisasi

Ekstrak atau sari kopi dimasukkan ke dalam alat kristalisator. Kemudian ditambahkan gula dengan perbandingan 1 : 1.

Kemudian ekstrak kopi dan gula ini dipanaskan pada suhu 1000C. Setelah larutan mendekati jenuh, suhu diturunkan menjadi 700C selama 20 menit berikutnya.

Pada 10 menit terakhir, sumber panas dimatikan. Larutan jenuh didinginkan dengan udara lingkungan sampai terbentuk kristal gula-kopi.

Penghalusan

Kemudian kristal gula-kopi tersebut dihaluskan secara mekanik dengan mesin penghalus.

Pencampuran

Selain disajikan dalam bentuk murni, bubuk kopi instan bisa juga dicampur dengan bubuk krimer susu instan dengan perbandingan tertentu dengan menggunakan alat atau mesin pencampur.

Pengemasan

Kemudian bubuk kopi krimer instan tersebut dikemas dengan sachet aluminium foil sebagai kemasan primer. Biasanya berat bersih kopi krimer instan 25 gram per sachet.

Pelabelan

Kemudian kemasan sachet tadi dimasukkan ke dalam kemasan kertas berlabel sebagai kemasan sekunder. Pelabelan ini untuk memudahkan dalam pemasaran dan distribusi kepada konsumen.

Kopi instan rendah kafein

Selain kopi instan biasa, ada juga kopi instan rendah kafein. Biasanya produk kopi instan rendah kafein ini dilabeli dengan decaf (dekafeinisasi atau pengurangan kafein).

Terdapat berbagai teknologi pengolahan kopi instan rendah kafein ini. Tapi secara umum, pengolahan ini melalui sepuluh tahap.

  • Biji kopi
  • Pelarutan
  • Penyangraian
  • Penggilingan
  • Pelarutan
  • Kristalisasi
  • Penghalusan
  • Pencampuran
  • Pengemasan
  • Pelabelan

Biji kopi

Bahan baku kopi instan rendah kafein ini adalah biji kopi (cocoa bean), bukan langsung dari bubuk kopi seperti pengolahan kopi instan biasa.

Biasanya biji kopi ini mengandung kafein 1,7 – 2,5%. Sebagai senyawa penyegar, bagi orang tertentu kafein ini bisa bersifat sensitif pada lambung.

Karena itu kadar kafein di dalam biji kopi ini diturunkan sampai batas aman untuk para peminum kopi yang sensitif.

Sepuluh tahap pengolahan kopi instan rendah kafein dari biji kopi yang diturunkankan kadar kafeinnya.
Ilustrasi. Lima merek produk kopi instan. Sumber: my-best.id dan bp-guide.id. Diakses Selasa, 1 September 2020.

Pelarutan

Ekstraksi kafein dari biji kopi dilakukan secara batch dalam kolom dengan sirkulasi pelarut air pada suhu 800C selama 5 – 7 jam, tergantung kadar kafein yang akan diekstrak.

Perbandingan biji kopi dengan pelarut air adalah 1 : 5. Maksudnya 1 bagian (berat) biji kopi dan 5 bagian (berat) pelarut air.

Penyangraian

Penyangraian biji kopi rendah kafein dengan suhu dan waktu seperti penyangraian biji kopi biasa.

Penggilingan

Biji kopi rendah kafein yang telah disangrai ini digiling seperti penggilingan biji kopi biasa. Kopi bubuk rendah kafein ini bisa langsung disajikan dengan diseduh air mendidih seperti halnya kopi tubruk.

Tapi cita rasa dan aromanya tidak sebaik dan setajam kopi asli. Sebab dalam proses ekstraksi biji kopi, ada sejumlah senyawa pembentuk cita rasa dan aroma yang turut terlarut bersama kafein.

Kemudian kopi rendah kafein ini dapat diolah lebih lanjut menjadi kopi instan rendah kafein.

Pelarutan

Bubuk kopi rendah kafein tersebut diekstraksi secara batch dalam kolom dengan sirkulasi pelarut air pada suhu 800C selama 45 menit.

Perbandingan bubuk kopi rendah kafein dengan pelarut air 1 : 3,5. Maksudnya 1 bagian (berat) kopi bubuk rendah kafein dan 3,5 bagian (berat) pelarut air.

Biasanya rendemen ekstrak atau sari kopi rendah kafein ini 27 – 29%. Maksudnya, jika yang disarikan 100 gram bubuk kopi rendah kafein maka diperoleh sari kopi rendah kafein 27 – 29 gram.

Kristalisasi

Sari atau ekstrak kopi rendah kafein dimasukkan ke dalam alat kristalisator. Tambahkan gula dengan perbanding 1 : 1, yaitu satu bagian (berat) ekstrak kopi rendah kafein dan satu bagian (berat) gula.

Larutan ekstrak kopi dan gula dipanaskan pada suhu 1000C selama 30 menit pertama. Setelah larutan mendekati jenuh, suhunya diturunkan menjadi 700C selama 20 menit berikutnya.

Sumber panas dimatikan selama 10 menit terakhir. Larutan dijenuhkan dengan udara lingkungan sampai terbentuk kristal gula-kopi.

Penghalusan

Kemudian kristal gula-kopi digiling secara mekanik dengan mesin penggiling sampai kehalusan tertentu.

Pencampuran

Selain dapat disajikan dalam bentuk murni, bubuk kopi instan rendah kafein ini dapat dicampur dengan krimer susu intan dengan perbandingan tertentu dengan alat pencampur.

Pengemasan

Bubuk kopi rendah kafein krimer instan ini dikemas dalam kemasan sachet aluminium foil sebagai kemasan primer. Biasanya berat bersih kopi rendah kafein krimer instan ini 25 gram per sachet.

Pelabelan

Kemudian kemasan sachet tersebut dimasukkan ke dalam kemasan kertas berlabel sebagai kemasan sekunder. Pelabelan ini untuk memudahkan pemasaran dan distribusi kopi instan rendah kafein.

10 merek produk kopi instan

Penulisan 10 merek kopi instan ini tidak berdasarkan peringkat survei, tetapi berdasarkan penilaian sepintas yang banyak ditemukan di pasaran.

  • Esprecielo Artisan Java Brown Coffee
  • Luwak White Koffie Original
  • Nescafé Gold Decaf
  • Indocafé Coffeemix 3 in 1
  • JJ Royal Coffee Kopi Tubruk Cinnamon Latte
  • Kopiko Brown Coffee 3 in 1
  • Torabika Cappuccino
  • Neo Coffee Moccachino 3 in 1
  • Delizio Caffino Kopi Latte Classic 3 in 1
  • Good Day Cappuccino

Esprecielo Artisan Java Brown Coffee

Kopi instan ini terinspirasi dari warisan budaya Indonesia sehingga menghasilkan cita rasa kopi Indonesia.

Kopi instan ini terbuat dari perpaduan (blending) kopi arabika dari Jawa dengan gula aren dari Jawa dan susu yang lembut.

10 merek produk kopi instan di pasaran.
Ilustrasi. Lima merek produk kopi instan. Sumber: my-best.id dan bp-guide.id. Diakses Selasa, 1 September 2010.

Luwak White Koffie Original

Luwak White Koffie Original ini merupakan perpaduan kopi, krimer nonsusu, dan gula murni. Biji kopinya diperoleh dari kopi terbaik dari Sumatra dan Jawa.

Dalam proses produksinya, kopi ini dibekukan pada suhu minus 400C sehingga Anda dapat menikmati kopi ini tanpa harus takut dengan gangguan asam lambung.

Nescafé Gold Decaf

Kopi yang diolah dengan pembekuan dingin (freeze drying) ini telah melalui proses pengurangan kafein sehingga dilabeli decaf.

Kopi instan rendah kafein ini terbuat dari perpaduan kopi arabika dan robusta pilihan dengan kualitas terbaik.

Indocafé Coffeemix 3 in 1

Bahan baku kopi ini dari pegunungan Mandailing di Sumatra Utara. Perpaduan kopi yang lembut, gula, dan krimer ini sangat pas untuk bersantai bersama keluarga.

JJ Royal Coffee Kopi Tubruk Cinnamon Latte

Produk ini terbuat dari kopi spesial yang dicampur dengan susu dan kayumanis. Campuran ini menghasilkan cita rasa unik, sedikit asam, dan manis.

Kopiko Brown Coffee 3 in 1

Produk ini terbuat dari perpaduan kopi, gula aren, dan krimer. Kopi instan ini tidak hanya bisa disajikan dengan air panas, tapi juga disajikan dingin dengan es.

Torabika Cappuccino

Produk ini merupakan perpaduan kopi, gula, dan krimer. Ada juga choco granule yang membuat rasa kopi instan menjadi lebih nikmat.

Kopi ini dapat disajikan dalam keadaan panas atau hangat maupun dalam keadaan dingin dengan es.

Neo Coffee Moccachino 3 in 1

Produk ini merupakan perpaduan kopi, gula, dan krimer dengan rasa moccachino yang nikmat.

Delizio Caffino Kopi Latte Classic 3 in 1

Produk ini merupakan perpaduan kopi terbaik dengan susu asli. Dengan rasa kopi yang ringan, sangat cocok buat Anda yang baru memulai minum kopi.

Good Day Cappuccino

Good Day Capuccino merupakan produk capuccino yang sudah dikurangi tingkat keasamannya atau biasa disebut dengan white capuccino.

Kopi instan ini menyediakan choco granule sebagai topping-nya. Dengan tingkat keasaman rendah, kopi ini cocok buat Anda yang lambungnya sensitif minum kopi.

Referensi:

  1. http://iccri.net/pengolahan-kopi/. Diakses Jumat, 15 Februari 2019.
  2. https://my-best.id/21332. Diakses Selasa, 1 September 2020.
  3. https://bp-guide.id/AXoDxeYl. Diakses Selasa, 1 September 2020.
Kumpulan artikel praktis kopi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here