Manfaat pupuk dolomit menyuburkan tanah.
Pupuk dolomit premium produksi PT Polowijo Gosari.

Manfaat pupuk dolomit untuk padi sawah adalah untuk meningkatkan derajat keasaman (pH) tanah agar netral (dengan pH sekitar 7) sehingga cocok dengan kondisi kehidupan padi sawah.

Biasanya pupuk dolomit, dengan rumus kimia CaMg(CO3)2, banyak digunakan petani padi sawah di lahan rawa pasang surut dengan dosis satu ton per hektar per tahun. Sebab, pada lahan rawa tersebut, bila pirit tersingkap dan bereaksi dengan oksigen, dapat menjadikan pH tanah 3,5.

Dengan menggunakan pupuk dolomit, pH tanah dapat ditingkatkan menjadi sekitar 5 – 6 atau mendekati netral (7).

Penggunaan dolomit tidak hanya pada lahan rawa pasang surut, tetapi juga pada lahan yang biasa diberi pupuk kimia yang berlebihan sehingga membuat tanah rusak. Kesuburannya turun. Salah satu cara meningkatkan atau mengembalikan kesuburan tanah tersebut menggunakan dolomit.

Pupuk dolomit itu, menurut Adhie Widihartho, sama halnya dengan pupuk organik, yang dapat mengembalikan kesuburan tanah. Jadi, menurut Chief Marketing Officer PT Polowijo Gosari itu, semua tanah memerlukan dolomit, termasuk tanah lahan pertanian yang tidak masam sekalipun.

Sebab, dolomit itu mengandung hara kalsium (Ca) dan magnesium (Mg), yang dibutuhkan tanah yang rusak dan masam. Kemampuan pupuk dolomit dalam memperbaiki kesuburan tanah tidak dimiliki seperti pupuk organik umumnya. Sama-sama pupuk organik, tapi dolomit lebih baik.

Selain itu, dolomit bukan hanya dapat meningkatkan kesuburan dan derajat keasaman tanah, tetapi juga dapat meningkatkan daya tahan padi sawah terhadap serangan hama wereng batang cokelat.

Hal tersebut berdasarkan uji coba di lahan padi sawah di Jawa. Hal ini terjadi karena kekuatan Mg yang membuat kalium (K) dan fosfor (P), yang biasanya berasal dari pupuk NPK, menjadi reaktif sehingga batang tanaman kuat, sementara daun lebih hijau dan bulir padi lebih berisi.

8 Manfaat pupuk dolomit untuk padi sawah

  1. Meningkatkan dan menetralisir derajat keasaman (pH) tanah.
  2. Menetralisir senyawa-senyawa beracun yang terdapat di dalam tanah.
  3. Mempercepat perangsangan pertumbuhan akar tanaman.
  4. Meningkatkan populasi jasad renik yang baik di dalam tanah.
  5. Sangat jitu dalam menghijaukan tanaman.
  6. Meningkatkan produktivitas hasil panen tanaman.
  7. Kandungan kalsium (Ca) dan magnesium (Mg) dalam dolomit dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman.
  8. Dapat menangkal hama dan penyakit tanaman.

Cara aplikasi pupuk dolomit untuk padi sawah

Aplikasi pupuk dolomit untuk padi sawah dapat dilakukan dengan menyebarkan pupuk dolomit dalam bentuk tepung halus (powder) berwarna putih kecokelatan ke seluruh permukaan tanah.

Penaburan tepung dolomit secara merata dilakukan pada pengolahan tanah tahap pertama. Pada tahap pertama ini pembajakan tanah menggunakan bajak singkal (moldboard plough). Bajak ini ditarik dengan traktor. Pemotongan dan pembalikan tanah tahap pertama ini sekitar 15 – 20 cm.

Agar normal kembali, lahan yang sudah ditabur dengan pupuk dolomit ini dibiarkan selama 2 – 3 minggu. Kemudian dolomit ini dicampur dengan tanah melalui pengolahan tanah tahap kedua.

Aplikasi pupuk dolomit dapat dilakukan dengan menaburkan ke lahan padi sawah.
Pupuk dolomit berbentuk tepung.

Pada pengolahan tanah tahap pertama dengan bajak singkal atau bajak piringan, gumpalan tanah terpecah menjadi kecil-kecil. Dengan menggunakan garu, gumpalan tanah tersebut dihancurkan menjadi lumpur halus yang merata.

Penggaruan tersebut bisa menggunakan garu piringan (disc harrow) atau rotari cangkul (rotary hoe harrow). Garu ini juga ditarik menggunakan traktor.

Hati-hati dengan pupuk dolomit palsu

Di pasaran banyak ditemui jenis kapur. Pertama, kapur pertanian atau batu gamping atau batu kapur dengan rumus kimia CaCO3. Kedua, kapur tohor dengan rumus kimia CaO. Ketiga, kapur mati dengan rumus kimia Ca(OH)2. Ketiga, pupuk dolomit dengan rumus kimia CaMg(CO3)2.

Pada kapur pertanian, kapur tohor, dan kapur mati hanya mengandung unsur hara kalsium (Ca). Sementara dolomit, tidak hanya mengandung hara kalsium (Ca), tetapi juga magnesium (Mg).

Di lapangan, ada pemalsuan dolomit. Caranya, kapur pertanian atau batu kapur ditumbuk dan digerus sehingga hasilnya mirip dolomit. Tapi untuk mengenal dan membedakan dolomit asli, dapat dilihat secara fisik. Penampakan tepung dolomit asli lebih putih, lebih lembut, dan kering.

Jadi, petani harus berhati-hati dalam membeli dolomit. Belilah dari agen atau perusahaan yang terpercaya. Dengan membeli dolomit asli, petani mendapat dua unsur hara, yaitu Ca dan Mg.

Pupuk dolomit bermanfaat untuk menyuburkan, menetralkan keasaman tanah, dan meningkatkan daya tahan padi terhadap wereng. Tidak hanya digunakan pada lahan rawa pasang surut, tetapi dolomit juga digunakan pada lahan yang rusak karena berlebihan menggunakan pupuk kimia.

Syatrya Utama | Email: syatrya_utama@yahoo.com

Referensi:

Tohir, Ir. H. Winarno. 2019. Pertanian Presisi untuk Mensejahterakan Petani. Jakarta: Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here