Jeruk lemon dapat menjaga kesehatan wajah sehingga selalu terlihat cantik.
Tanaman jeruk lemon.

Masker lemon menjaga wajah Anda selalu kinclong dengan cara mengoleskan masker tersebut di wajah. Masker lemon tersebut terbuat dari sari jeruk lemon murni atau dicampur bahan lainnya.

Sebelum menjelaskan manfaat jeruk lemon pada wajah serta cara membuat dan menggunakan masker lemon tersebut, mari kita lihat dulu kandungan gizi lemon yang bermanfaat bagi kulit.

  1. Vitamin C
  2. Asam sitrat
  3. Magnesium (Mg)
  4. Kalsium (Ca)
  5. Kalium (potassium atau K)

Vitamin C

Kandungan vitamin C dalam setiap 100 gram jeruk lemon sekitar 53 mg.

Vitamin C ini dapat berperan sebagai antioksidan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan membantu penyerapan zat bersi (Fe).

Selain itu, vitamin C juga dapat memperlambat penuaan dini dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Asam sitrat

Asam sitrat (citric acid) dapat berperan sebagai astringen alami yang dapat memperkecil pori-pori dan mengendalikan produksi minyak di kulit.

Selain itu, asam sitrat ini dapat mengatasi pigmentasi (pembentukan pigmen atau warna di kulit) dan perubahan warna pada kulit (diskolorasi).

Yang lebih menarik lagi, asam sitrat ini dapat juga membantu proses pergantian sel kulit melalui eksfoliasi (pelepasan lapisan luar epidermis kulit).

Magnesium

Di dalam setiap 100 g jeruk lemon terkandung sekitar 8 mg magnesium (Mg). Zat ini merupakan mineral yang bermanfaat menghaluskan kulit.

Selain itu, magnesium juga dapat memperlampat proses penuaan dini dan melindungi kulit dari stres oksidatif (jumlah radikal bebas di dalam tubuh jauh lebih banyak dari jumlah yang dapat dinetralkan).

Kalsium

Di dalam setiap 100 gram jeruk lemon terkandung sekitar 26 mg kalsium (Ca). Di kulit, kalsium ini berada di permukaan kulit. Kalsium inilah yang menjaga kesehatan kulit.

Apa yang terjadi kalau kulit kekurangan kalsium? Kulit akan terasa kering dan gatal-gatal.

Dengan kandungan kalsium relatif tinggi, jeruk lemon dapat menjadi pemasok kalsium.

Kalium

Di dalam setiap 100 gram jeruk lemon terkandung sekitar 138 mg kalium (potassium). Relatif tinggi.

Zat tersebut antara lain dapat merangsang kerja sistem saraf pusat, menangkal kulit dari bahaya radikal bebas, meningkatkan pembentukan sel darah, dan mengatur tekanan darah.

Manfaat jeruk lemon menjaga wajah Anda selalu kinclong

Nah, setelah menjelaskan kandungan zat gizi yang terdapat di dalam jeruk lemon yang perannya bermanfaat bagi kulit, sekarang marilah kita menjelaskan manfaat lemon menjaga wajah Anda.

  1. Membuat kulit wajah kinclong
  2. Mengatasi jerawat dan komedo
  3. Mengatasi bintik hitam dan bekas luka
  4. Mengatasi minyak berlebih di kulit
  5. Menyembuhkan kulit gatal
  6. Membasmi sel kulit mati
  7. Mengatasi pigmentasi kulit

Membuat kulit wajah kinclong

Sari (ekstrak atau perasan) lemon mengandung pemutih alami yang berasal dari vitamin C sehingga dapat membuat wajah menjadi kinclong (cerah atau bercahaya).

Selain itu, kandungan asam sitrat di dalam jeruk lemon dapat membuat wajah menjadi cerah.

Mengatasi jerawat dan komedo

Di dalam jeruk lemon terkandung antibakteri dan antijamur yang bermanfaat untuk mengatasi jerawat dan komedo.

Di dalam jeruk lemon terkandung polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan dan antibakteri. Dengan kandungan tersebut, kulit (wajah) bisa terlindungi dari bakteri jahat.

Mengatasi bintik hitam dan bekas luka

Berkat kandungan asam sitrat, jeruk lemon dapat mengatasi bintik hitam dan bekas luka di kulit (wajah).

Asam sitrat tersebut dapat membantu proses eksfoliasi (pelepasan lapisan luar epidermis kulit) sel kulit mati dan pertumbuhan sel kulit baru.

Dengan demikian, lemon dapat mengatasi bintik hitam, bekas jerawat, dan bekas luka lain di kulit.

Mengatasi minyak berlebih di kulit

Kulit yang berminyak apalagi berlebihan dapat membuat kulit kurang sehat.

Jeruk lemon dapat mengatasi kulit berminyak dan mencegah produksi sebum (minyak atau lemak yang berlebihan yang menutupi pori-pori kulit).

Menyembuhkan kulit gatal

Gatal di kulit biasanya karena kulit kering dan gatal akibat jerawat. Jeruk lemon dapat mengatasi gatal di kulit.

Membasmi sel kulit mati

Sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori kulit sehingga kulit menjadi kurang sehat. Kondisi ini dapat mencetuskan jerawat, komedo, dan sebagainya.

Kandungan asam sitrat di dalam jeruk lemon membasmi kulit mati melalui eksfoliasi (pelepasan lapisan luar epidermis kulit).

Mengatasi pigmentasi kulit

Pigmentasi (pembentukan pigmen atau zat warna pada kulit) dan diskolorasi (perubahan warna kulit) dapat membuat kulit kurang kinclong.

Asam sitrat yang terkandung di dalam jeruk lemon dapat mengatasi masalah pigmentasi dan diskolorasi tersebut.

Cara membuat dan menggunakan masker lemon.
Potongan jeruk lemon.

Cara membuat dan menggunakan masker lemon

Setelah menjelaskan manfaat jeruk lemon yang dapat membuat wajah kinclong (berkilap dan bersinar), sekarang marilah kita membicarakan cara membuat dan menggunakan masker lemon.

Dengan menggunakan masker lemon ini dapat membuat wajah Anda selalu kinclong (berkilap dan bersinar). Berikut cara membuat dan menggunakan masker lemon.

  1. Cuci buah lemon. Lemon dibelah dan diperas. Hasil perasan ditampung di dalam mangkuk. Kemudian oleskan perasan lemon tersebut secara lembut di wajah. Biarkan selama 15 – 30 menit sampai olesan tersebut mengering. Lalu bilas wajah dengan air bersih.
  2. Campuran perasan lemon dengan madu. Komposisinya: setengah sendok perasan lemon dan satu sendok teh madu. Oleskan campuran tersebut di wajah. Biarkan 15 – 30 menit sampai olesan tersebut mengering. Setelah kering, bilas wajah dengan air bersih.
  3. Bisa juga campuran perasan lemon dengan madu dan yoghurt. Komposisinya: setengah sendok teh lemon, satu sendok teh madu, dan satu sendok teh yoghurt. Oleskan campuran tersebut ke wajah. Biarkan selama 15 – 30 menit sampai olesan tersebut mengering. Setelah kering, bilas wajah dengan air bersih.

Tetapi ingat!

Jangan menggunakan masker lemon pada saat tidur. Terlalu lama membiarkan masker lemon di wajah dapat membuat kulit wajah iritasi karena kandungan asam sitrat di dalam perasan lemon.

Efek samping menggunakan masker lemon

Selain manfaat, ada juga potensi efek samping menggunakan masker lemon. Berikut beberapa efek samping menggunakan masker lemon.

  1. Iritasi kulit
  2. Fitofotodermatitis
  3. Leukoderma
  4. Meningkatkan risiko terbakar sinar matahari

Iritasi kulit

Kandungan asam sitrat di dalam lemon dapat menyebabkan pengguna masker lemon mengalami iritasi kulit. Iritasi ini merupakan efek samping umum penggunaan masker lemon.

Fitofotodermatitis

Fitofotodermatitis dapat terjadi pada saat kulit terpapar dengan senyawa yang terdapat di dalam buah-buahan jeruk dan bersamaan terpapar dengan sinar ultraviolet. Kulit bisa meradang.

Leukoderma

Leukoderma terjadi pada saat kulit kekurangan melanin (senyawa yang bertanggung jawab terhadap warna alami kulit).

Diduga, menggunakan masker lemon dapat menurunkan melanin kulit.

Meningkatkan risiko terbakar sinar matahari

Risiko terbakar sinar matahari (sunburn) dapat meningkat dengan menggunakan masker lemon.

Karena itulah, saat atau beberapa saat setelah memakai masker lemon jangan ke luar rumah dulu.

Nah, demikianlah kandungan gizi lemon yang bermanfaat bagi kesehatan kulit, manfaat lemon, cara membuat dan menggunakan masker lemon, dan efek samping menggunakan masker lemon.

Gunakanlah masker lemon sebaik mungkin. Karena masker lemon dapat membuat wajah Anda kinclong. Tetapi tetap memperhatikan protokol sehingga tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

Syatrya Utama | Email: syatrya_utama@yahoo.om

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here