Susu Bear Brand White Tea mengandung vitamin C dan vitamin E yang dapat berkontribusi terhadap fungsi normal daya tahan tubuh.
Susu steril Bear Brand Nestle. Sumber: nestle.co.id.

Awal Juli 2021, susu Bear Brand yang dipasarkan Nestle menjadi rebutan masyarakat. Baik di pasar swalayan maupun marketplace. Jangan heran jika harga Susu Beruang tersebut melonjak.

Peristiwa tersebut terjadi berdekatan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, yang dimulai Sabtu, 3 Juli 2021, untuk mencegah penyebaran penyakit Covid-19.

Masyarakat percaya, susu steril itu mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan memulihkan kondisi badan pada saat sakit, termasuk saat menderita penyakit Covid-19, yang disebabkan oleh virus.

Baca juga: susu mentah dan susu segar

Nah, sebelum kita membahas lebih lanjut susu Bear Brand, baik kita jelaskan dulu susu mentah (raw milk), susu pasteurisasi, susu ultra pasteurisasi, susu sterilisasi, dan susu UHT (ultra high temperature).

Susu mentah

Menurut SNI (Standar Nasional Indonesia) No 3141.1:2011, susu segar (raw milk) merupakan cairan yang berasal dari ambing sapi sehat dan bersih, yang diperoleh dengan cara pemerahan yang benar.

Kandungan alami cairan berwarna putih tersebut, masih menurut SNI, tidak dikurangi atau ditambah sesuatu apapun dan belum mendapat perlakuan apapun.

Secara definisi, susu segar diartikan sebagai raw milk (susu mentah), bukan fresh milk (susu segar).

Baca juga: sapi perah bahagia susunya bermutu

Biasanya, susu mentah itu mengandung bakteri patogen yang membahayakan jika masuk ke dalam tubuh manusia.

Karena itulah, menurut Denny Widaya Lukman, dosen Fakultas Kedokteran Hewan IPB University, susu mentah tidak dianjurkan untuk langsung diminum atau dikonsumsi.

Susu pasteurisasi

Susu pasteurisasi merupakan susu mentah yang dipanaskan pada suhu 60 – 70 derajat C selama 15 detik.

Dengan pemanasan tersebut, semua bakteri patogen mati, tetapi bakteri pembusuk masih ada.

Karena itulah, susu pasterurisasi harus disimpan pada suhu dingin, biasanya 4 derajat C. Masa simpannya maksimal 7 hari.

Selain itu, susu pasteurisasi harus segera dihabiskan setelah kemasannya dibuka.

Keunggulan susu pasteurisasi ini, kandungan nutrisinya masih mendekati dengan susu mentah.

Susu ultra pasteurisasi

Susu ultra pasteurisasi ini lebih dikenal dengan susu ESL (Extended Shelf-Life Milk).

Susu ultra pasteurisasi ini merupakan susu mentah yang dipanaskan pada suhu 125 derajat C selama 5 detik.

Dengan pemanasan tersebut, masa simpannya di refrigrator atau lemari pendingin pada suhu 4 derajat C bisa mencapai 21 – 45 hari. Ada pabrik yang mengklaim bisa mencapai 90 hari.

Baca juga: minuman susu bermerek lokal

Jika Anda membeli susu yang dikemasan dicantumkan bahwa masa simpannya 21 – 45 di lemari pendingin, hampir dipastikan itu susu ultra pasteurisasi atau susu ESL.

Kandungan nutrisi susu ultra pasteurisasi ini masih mendekati susu mentah. Tetapi cita rasa susu ESL ini lebih baik dari susu pasteurisasi dan susu mentah.

Susu mentah, susu pasteurisasi, dan susu ultra pasteurisasi, menurur Denny, dikelompokkan ke dalam susu segar (fresh milik).

Susu sterilisasi

Susu sterilisasi merupakan susu mentah yang dipanaskan pada suhu 100 derajat C selama 30 menit.

Proses pemanasan susu sterilisasi dilakukan dengan cara memasukkan susu ke dalam kaleng, kemudian susu dipanaskan bersamaan dengan kemasan kalengnya.

Susu sterilisasi ini bisa juga diperkaya (difortifikasi) dengan berbagai vitamin dan mineral sehingga kandungan gizinya lebih baik.

Dari kemasannya, susu Bear Brand termasuk ke dalam susu sterilisasi atau biasa disebut susu steril. Susu ini bisa disimpan pada suhu kamar atau ruang (sekitar 20 – 25 derajat C).

Susu UHT

Susu UHT merupakan susu mentah atau susu bubuk dicampur dengan susu mentah yang dipanaskan pada suhu 140 derajat C selama 2 detik.

Pada suhu kamar, susu UHT ini tahan simpan 6 bulan asalkan kemasannya belum terbuka. Tetapi pada suhu dingin (sekitar 4 derajat C), masa simpannya bisa mencapai 10 bulan.

Proses sterilisasi (dengan pemanasan) pada susu UHT ini berbeda dengan susu sterilisasi. Sterilisasi susu UHT dan kemasannya dilakukan terpisah. Kemudian susu UHT dimasukkan ke dalam kemasannya.

Susu Bear Brand Nestle

Susu Bear Brand yang dipasarkan Nestle ini terdiri atas susu Bear Brand, Bear Brand Gold White Tea, dan Bear Brand Gold White Malt.

Disebutkan bahwa Bear Brand terbuat dari 100% susu murni (hasil pemerahan susu sapi) berkualitas tinggi yang telah mengalami proses sterilisasi sehingga dapat langsung dikonsumsi.

Susu Bear Brand Gold White Tea mengandung teh putih dari daun teh pilihan.

Selain itu, susu tersebut juga mengandung vitamin A yang membantu mempertahankan lapisan permukaan seperti mata, saluran pencernaan, saluran pernapasan, dan kulit.

Baca juga: Greenfields Fresh Jersey Milk

Susu Bear Brand Gold White Tea ini juga mengandung vitamin C dan vitamin E yang dapat berkontribusi terhadap fungsi normal daya tahan tubuh jika disertai dengan diet seimbang dan olahraga yang teratur.

Sementara Bear Brand Gold White Malt mengandung malt serta vitamin B1 dan B2, yang berperan dalam membantu perubahan karbohidrat menjadi energi.

Selain itu, Bear Brand Gold White Malt juga mengandung vitamin B6, yang berperan dalam membantu metabolisme energi dan pembentukan jaringan.

Bear Brand Gold White Malt juga mengandung vitamin B12, yang berperan dalam pembentukan sel-sel darah merah dan menjaga sistem saraf.

Ringkasan

Dari penjelasan di atas, dengan rutin mengonsumsi susu pasteurisasi, susu ultra pasteurisasi, susu sterilisasi, atau susu UHT, kita dapat mendukung fungsi normal daya tahan tubuh.

Jadi, bukan hanya mengonsumsi susu Bear Brand. Kita juga bisa mengonsumsi susu pasteurisasi, susu ultra pasteurisasi, susu sterilisasi, atau susu UHT merek lain.

Di tengah pandemi Covid-19, yang disebabkan oleh virus, kita perlu rutin mengonsumsi susu.

Susu ini bukan obat untuk membunuh virus Covid-19, tetapi mendukung fungsi normal daya tahan tubuh.

Dengan daya tahan tubuh yang kuat, maka diharapkan tubuh kita mampu menghancurkan antigen seperti bakteri, parasit, jamur, dan virus.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Tetapi setiap konsumen mempunyai persepsi, preferensi, dan informasi terhadap produk susu yang akan dikonsumsi.

Nah, sahabat Agrikan.id, silakan mengonsumsi susu pasteurisasi, ultra pasteurisasi, sterilisasi, dan UHT, yang sesuai dengan selera masing-masing, untuk menguatkan daya tahan tubuh.

Syatrya Utama | Email: syatrya_utama@yahoo.com.

Referensi:

  1. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5631596/susu-beruang-habis-diborong-warga-62-ini-kata-nestle.
  2. https://www.republika.co.id/berita/ouqkge335/susu-steril-uht-pasteurisasi-ini-bedanya.
  3. http://www.novarty.com/2018/05/perbedaan-susu-uht-susu-pasteurisasi.html.
  4. https://www.nestle.co.id/produk/minumansiapminum/bearbrand.
  5. https://sahabatnestle.co.id/content/produk/nutrisi-anak-keluarga/bear-brand-gold-susu-steril-siap-minum-ekstrak-malt-140ml.html.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here