Salah satu ciri kelapa hijau asli adalah serabut kelapa bagian atas berwarna merah muda keunguan.
Serabut bagian atas kelapa hijau asli berwarna merah muda keunguan.

Di tengah pandemi Covid-19 sekarang ini, sebagian besar masyarakat memburu buah kelapa hijau.

Bukan untuk mengobati penyakit yang disebabkan virus tersebut, tetapi dengan meminum air kelapa hijau mereka berkeyakinan dapat mengoptimalkan imun tubuh.

Dengan optimalnya sistem imun tubuh, maka tubuh dapat menangkis serangan virus Covid-19.

Sebagaimana kita ketahui, air kelapa hijau mengandung zat gizi antara lain karbohidrat, lemak, serat, protein, vitamin C, magnesium (Mg), mangan (Mn), kalium (K), natrium (Na), fosfor (P), dan kalsium (Ca).

Baca juga: Peluang Bisnis Kelapa Pandan Wangi Thailand

Selain itu, air kelapa hijau atau kelapa wulung ini juga mengandung senyawa penting seperti glukosa, sukrosa, fruktosa, alanin, arginin, pantotenat, riboflavin, tanin, sistin, alin, dan biotin.

Kenali buah kelapa hijau asli

Kelapa hijau atau kelapa wulung tergolong kelapa tipe Dalam, yang menyerbuk silang (open pollination) antara bunga jantan (serbuk sari) dan bunga betina yang berlainan pohon.

Biasanya, buah kelapa hijau matang atau siap panen berumur 12 bulan sejak penyerbukan bunga jantan terhadap bunga betina.

Tetapi, untuk kelapa muda, bisa dipanen pada umur 7 – 8 bulan sejak penyerbukan tersebut.

Biasanya, masyarakat lebih suka menikmati khasiat air kelapa hijau muda ketimbang air kelapa hijau tua.

Jika diperhatikan kulit luarnya, tidak semua kelapa hijau berwarna hijau. Kulit luar kelapa wulung ini, ada yang berwarna cokelat, oranye, atau campuran hijau dan cokelat.

Lantas bagaimana membedakan buah kelapa hijau muda asli dengan buah kelapa muda biasa?

Perlu diketahui, harga jual kelapa hijau muda lebih mahal dari kelapa muda biasa. Bahkan bisa mencapai dua kali lipat harga kelapa muda biasa.

Baca juga: Budidaya Kelapa Kopyor dengan Bibit Kultur Embrio

Nah, jika ingin membeli kelapa hijau muda, minta tolong kepada penjualnya memapas dulu serabut kelapa bagian atas atau bagian tangkainya.

Jika serabut tersebut berwarna merah muda keunguan, hampir dipastikan adalah kelapa hijau muda asli.

Jika tidak berwarna merah muda keunguan, sebaiknya tidak usah dibeli dan minta tolong kepada penjual untuk dipilihkan kelapa hijau asli.

Nah, karena serabut bagian atas kelapa hijau asli berwarna merah muda, maka orang suka menyebut kepala hijau ini dengan kelapa tampuk merah atau kelapa hijau merah atau kelapa serabut merah.

Masyarakat juga meyakini, untuk meminum air kelapa hijau, sebaiknya buah kelapanya dibakar atau direbus. Dengan dibakar atau direbus, diyakini gizi air kelapa hijau direbus menjadi relatif lebih bagus.

Tetapi ada juga yang meyakini, tidak perlu buah kelapa hijaunya direbus atau dibakar. Airnya bisa langsung dinikmati setelah kelapa hijau muda dikupas.

Manfaat minum air kelapa hijau

Nah, setelah mengenali ciri kelapa hijau asli dan kandungan gizinya, berikut ini 9 manfaat air kelapa hijau:

  1. Mengoptimalkan imun tubuh
  2. Menangkal radikal bebas
  3. Menurunkan kadar gula darah
  4. Mencegah batu ginjal
  5. Membantu mengatasi dehidrasi
  6. Mencegah penyakit jantung
  7. Membantu mengatasi stres
  8. Menetralisir racun di dalam tubuh
  9. Mengatasi sakit kepala

Mengoptimalkan imun tubuh

Air kelapa hijau mengandung vitamin C. Sebagaimana kita ketahui, vitamin tersebut dapat membantu meningkatkan produksi sel-sel darah putih, yang berperan dalam meningkatkan sistem imun tubuh.

Menangkal radikal bebas

Radikal bebas dapat memicu berbagai penyakit seperti kanker. Dengan menetralisir radikal bebas yang terbentuk di dalam tubuh, maka dapat membuat tubuh lebih sehat.

Air kelapa hijau mengandung antioksidan yang berkhasiat untuk menangkal radikal bebas tersebut.

Menurunkan kadar gula darah

Air kelapa hijau mengandung magnesium (Mg). Mineral tersebut bisa meningkatkan sensitivitas insulin sehingga dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe-2.

Mencegah batu ginjal

Batu ginjal terbentuk pada saat kalsium, oksalat, dan zat lainnya secara bersama-sama membentuk kristal dalam air kencing. Kemudian, kristal tersebut berubah menjadi batu ginjal.

Pada hewan percobaan, air kelapa hijau dapat mencegah kristal tersebut menempel pada ginjal. Tapi belum ada penelitian lebih lanjut pada manusia.

Membantu mengatasi dehidrasi

Air kelapa hijau mengandung kalium, kalsium, magnesium, dan fosfor. Dari hasil penelitian, air kelapa hijau dapat mengatasi dehidrasi (kekurangan cairan di dalam tubuh).

Mencegah penyakit jantung

Dari penelitian terhadap hewan percobaan, meminum air kelapa hijau selama tiga minggu dapat memperbaiki tekanan darah, gula darah, trigliserida, dan tingkat insulin.

Dengan sejumlah perbaikan tesebut, meminum air kelapa hijau diyakini dapat mencegah penyakit jantung. Tapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia.

Membantu mengatasi stres

Air kelapa hijau mengandung asam amino seperti alanin, arginin, sistin, dan serin. Arginin dapat mengatasi stres.

Karena itulah, mengapa setelah meminum air kelapa hijau muda asli, kita merasa lega. Segar. Sebab, air kelapa hijau merupakan minuman yang kaya arginin.

Menetralisir racun di dalam tubuh

Pada saat keracunan makanan, biasanya orang yang keracunan disarankan meminum air kelapa hijau.

Tingginya kandungan antidotum (antiracun) dan tanin, serta enzim lainnya dalam air kelapa hijau dapat menetralisir racun di dalam tubuh.

Dengan proses penetralisiran tersebut, racun makanan dapat dikeluarkan dari dalam tubuh.

Mengatasi sakit kepala

Tidak hanya sebagai penawar racun, air kelapa hijau juga dapat mengatasi sakit kepala. Kandungan magnesium yang tinggi dalam air kelapa hijau dapat mengatasi penyakit tersebut.

Nah, sahabat Agrikan.id, demikianlah cara mengenali buah kelapa hijau asli dan kegunaan airnya bagi kesehatan manusia. Semoga bermanfaat.

Syatrya Utama | Email: syatrya_utama@yahoo.com

Referensi:

  1. Anonimous. Tanpa Tahun. Budidaya Kelapa Wulung. Artikel.
  2. http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/79948/Manfaat-Kelapa-Tampuk-Merah–kelapa-Wulung-Bagi-Kesehatan-Tubuh/.
  3. http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/96606/PERBEDAAN-KELAPA-HIJAU-DAN-KELAPA-MUDA/.
  4. http://kelapawulungjogja.blogspot.com/2019/09/kelapa-hijau-asli-untuk-obat-hamil.html.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here