daging ayam kampung super tender dan lezat
Ayam joper atau ayam jowo super atau ayam kampung super. Sumber foto: srejekifarm.com.

AGRIKAN.ID – Ayam joper atau ayam jowo super atau ayam kampung super merupakan ayam dwiguna. Ayam kampung tersebut bisa diperlihara sebagai ayam pedaging atau ayam petelur.

Untuk tujuan petelur, ayam joper dipelihara dari DOC (day old chick, anak ayam umur sehari), selama masa produksi telur, dan sampai diafkir, biasanya setelah berumur 72 minggu.

Sementara itu untuk tujuan pedaging, ayam joper dipelihara dari DOC sampai umur 60 hari.

Meski bisa untuk ayam pedaging atau petelur, tapi ayam joper lebih banyak untuk pedaging.

Lihat juga: Manfaat makan ayam probiotik Olagud

Dibandingkan ayam kampung biasa, rasa daging ayam kampung super lebih kuat dan lezat. Tekstur dagingnya tender (lembut yang mudah terurai) dan juicy (mengandung banyak air) setelah matang.

Meski dipanen lebih cepat, biasanya berumur 45-60 hari, tekstur dagingnya relatif lebih berserat dibandingkan dengan ayam kampung biasa, yang biasanya dipanen pada umur lebih dari 75 hari.

Jangan heran jika daging ayam joper ini lebih suka diolah antara lain menjadi ayam goreng, ayam bakar, ayam panggang, ayam geprek, kari ayam, ayam garang asam, ayam rica-rica, dan sup ayam.

Apa itu ayam kampung super

Ayam kampung super atau joper merupakan persilangan ayam ras betina petelur dengan ayam kampung jantan.

Dari hasil persilangan tersebut didapat ayam joper, yang pertumbuhannya cepat, kandungan gizi dagingnya tinggi, dan rasanya lezat.

Penetasan telur ayam joper untuk menghasilkan DOC menggunakan mesin tetas selama 21 hari.

Selain supaya produksi DOC tertata waktunya dengan baik, penetasan dengan mesin juga karena ayam betina petelur sudah tidak mempunyai sifat mengeram seperti halnya ayam kampung biasa.

Lihat juga: Ayam susu rendah lemak dan kolesterol

Ayam joper jantan mempunyai jengger besar dengan pial besar dan tegap. Ayam tersebut juga suka berkokok dan bertengger.

Pada umumnya, ayam joper ini mirip ayam kampung. Warna bulunya dominan putih kuning. Beberapa muncul warna abu, cokelat, dan hitam.

Kemampuan bertelurnyai terus-menerus seperti ayam ras, tetapi tidak memiliki sifat mengeram seperti halnya ayam kampung biasa.

Ukuran telur ayam kampung super ini sama dengan ukuran telur ayam kampung biasa. Tetapi warna kerabangnya cokelat, tidak seperti halnya telur ayam kampung biasa yang lebih berwarna putih.

Sama seperti ayam kampung biasa, ayam kampung super ini juga lebih tahan terhadap penyakit. Jangan heran jika selama pemeliharaan, mortalitasnya (tingkat kematiannya) relatif lebih rendah.

FCR ayam kampung super lebih rendah

Pertumbuhan ayam kampung super dengan kondisi sehat dan terpenuhi kebutuhan nutrisinya, bobotnya bisa mencapai 0,8-1,2 kg pada umur 60 hari.

Sementara ayam kampung biasa, untuk mencapai bobot tersebut membutuhkan waktu pemeliharaan lebih dari 75 hari atau bahkan bisa mencapai 120 hari.

Jangan heran jika rasio konversi pakan (feed conversion ratio, FCR) ayam kampung super sekitar 2,4 kg untuk menghasilkan bobot ayam hidup (livebird) 1 kg. Jadi FCR ayam kampung super sekitar 2,4.

Lihat juga: Daging ayam sumber protein keluarga

Bandingkan dengan FCR ayam kampung biasa untuk menghasilkan bobot ayam hidup 1 kg membutuhkan pakan sekitar 3,4 kg. Dengan demikian FCR ayam kampung biasa sekitar 3,4.

Dari data FCR tersebut, biaya produksi ayam kampung super bisa lebih rendah dari ayam kampung biasa.

Sebagai informasi, kontribusi biaya pakan terhadap total biaya pembesaran ayam sekitar 60%-70%.

Jika mengacu ke FCR, harga ayam kampung super ini bisa lebih murah dari ayam kampung biasa.

Tahap pemberian pakan ayam joper

Pakan ayam joper yang dipelihara selama 60 hari terdiri dari pakan starter untuk ayam umur 0-30 hari dan pakan finisher untuk ayam umur 31-60 hari.

Pemberian pakan ayam kampung super dilakukan setiap hari selama 60 hari sampai panen:

  • Pemberian pakan ayam umur 1-7 hari sebanyak 10 gram per ekor per hari.
  • Pemberian pakan ayam umur 8-14 hari sebanyak 15 gram per ekor per hari.
  • Pemberian pakan ayam umur 15-21 hari sebanyak 20 gram per ekor per hari.
  • Pemberian pakan ayam umur 22-28 hari sebanyak 30 gram per ekor per hari.
  • Pemberian pakan ayam umur 29-35 hari sebanyak 40 gram per ekor per hari.
  • Pemberian pakan ayam umur 36-42 hari sebanyak 50 gram per ekor per hari.
  • Pemberian pakan ayam umur 43-49 hari sebanyak 60 gram per ekor per hari.
  • Pemberian pakan ayam umur 50-60 hari sebanyak 70 gram per ekor per hari.

Perlu diketahui, sebagian besar komponen ayam terdiri dari air sehingga pemberian air minum menjadi sangat penting. Air minum diberikan secara adlibitum (tersedia setiap saat).

Lihat juga: Cara mengenal daging ayam bermutu

Kualitas airnya bersih dan bebas bakteri patogen sehingga pertumbuhan ayam joper bisa lebih baik.

Ayam kampung super probiotik

Ayam probiotik merupakan ayam yang sebagian pakannya diberi probiotik atau bakteri baik. Biasanya bakteri asam laktat seperti Lactobacillus sp.

Selain itu, pakannya juga diberi jamu-jamuan seperti jahe, brotowali, kunyit, dan temulawak.

Sebagaimana kita ketahui, mikroorganisme probiotik dapat menghasilkan antimikroba untuk menghambat pertumbuhan bakteri patogen di dalam saluran pencernaan.

Probiotik juga menghasilkan asam organik sehingga bisa menurunkan pH di dalam saluran pencernaan. Dengan penurunan pH berarti relatif lebih asam.

Dalam suasana asam, bakteri patogen tidak akan tumbuh dengan baik sehingga bakteri baik bisa mendominasi di dalam saluran pencernaan dan mampu memaksimalkan penyerapan nutrisi.

Sekarang sudah banyak peternak ayam kampung super yang menggunakan probiotik untuk menghasilkan antimikroba dan asam organik di dalam saluran pencernaan ayam.

Dengan menggunakan probiotik, daya tahan tubuh ayam lebih bagus sehingga tidak perlu diberi antibiotik. Penyerapan nutrisinya juga bagus sehingga tidak perlu diberi hormon pertumbuhan.

Jangan heran, jika performa ayam kampung super probiotik lebih baik, yaitu dari segi konsumsi pakan, pertambahan berat badan, konversi pakan, berat akhir, dan persentase berat karkas ayam.

Lihat juga: NKV, higiene, dan sanitasi produk hewan

Selain pemberian probiotik, untuk mencegah masuknya penyakit ke dan dari peternakan ayam kampung super, juga perlu biosekuriti, yaitu isolasi, pengawasan lalu-lintas ayam, dan sanitasi.

Nah, jika sahabat ingin membeli daging ayam kampung super, sebaiknya yang pada kemasannya ada logo Halal dan NKV (Nomor Kontrol Veteriner). NKV adalah bukti jaminan keamanan produk hewan.

Dengan berlogo Halal dan NKV, produk-produk hewan tersebut telah melalui sistem pemrosesan rumah potong hewan modern yang bersertifikat halal dan melewati kontrol kualitas yang ketat.

Dengan daging ayam kampung super yang berkualitas, serta tekstur dan rasa dagingnya yang khas, membuat daging ayam tersebut cocok untuk segala jenis masakan modern maupun tradisional.

Syatrya Utama | Email: syatrya_utama@yahoo.com

Lihat Ebook: Panduan Praktis Menulis Artikel

Referensi:

  1. https://unair.ac.id/analisis-usaha-pemberian-probiotik-bakteri-asam-laktat-terhadap-performa-ayam-kampung-super/.
  2. https://www.medion.co.id/mengenal-seputar-ayam-joper-pedaging/.
  3. https://fapet.ugm.ac.id/budidaya-dan-usaha-ayam-joper/.
  4. https://disnakeswan.lebakkab.go.id/tatalaksana-pemeliharaan-ayam-joper-sebagai-pedaging/.