Kandungan omega 3 ikan kembung 2,4 gram per 100 gram atau 1,5 kali kandungan omega 3 ikan salmon.
Ikan kembung perempuan (Rastrelliger brachysoma Bleeker).

Setiap 8 Juni diperingati sebagai Hari Laut Sedunia. Pada tahun 2021 ini temanya adalah The Ocean: Life and Livelihoods. Samudera: Kehidupan dan Sumber Penghidupannya.

Dalam konteks Hari Laut Sedunia, Agrikan.id menulis tentang ikan kembung (Rastrelliger spp.) sebagai sumber asam lemak omega 3 yang menggiurkan.

Selama ini, orang menganggap sumber omega 3 yang tinggi itu dari ikan salmon.

Padahal, dari segi kandungan, justru sumber omega 3 yang tinggi itu dari ikan kembung.

Hanya saja karena ikan kembung kalah pamor dari ikan salmon, banyak orang menganggap ikan salmonlah sumber omega 3 yang baik.

Tetapi, sebelum memaparkan kandungan omega 3 dan gizi ikan kembung, baiklah dijelaskan dulu tentang ikan kembung (short mackerel atau shortbodied mackerel).

Kembung termasuk ikan pelagis kecil

Ikan pelagis adalah ikan yang hidupnya di permukaan air laut hingga kolom air antara 0 – 200 m.

Pada umumnya, ikan pelagis berenang berkelompok dalam jumlah yang banyak.

Ikan pelagis itu terdiri atas ikan pelagis kecil dan pelagis besar. Yang tergolong ikan pelagis besar antara lain tuna, pedang, layaran, marlin, cakalang, tenggiri, dan cucut.

Yang tergolong ikan pelagis kecil antara lain selar, teri, kembung, layang, japuh, sunglir, tongkol, tembang, dan layur. Jadi, kembung termasuk ikan pelagis kecil.

Di laut Indonesia dikenal tiga spesies kembung, yaitu kembung perempuan (Rastrelliger brachysoma Bleeker), kembung (Rastrelliger faughni Matsui), dan kembung lelaki (Rastrelliger kanagurta Cuvier).

Istilah kembung perempuan dan kembung lelaki tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin, tetapi sekadar nama lokal (vernacular name).

Ketiga spesies kembung di atas masing-masing mempunyai jenis kelamin jantan dan betina dalam setiap populasinya.

Kandungan omega 3 ikan kembung

Menurut suatu penelitian, kandungan omega 3 ikan salmon sekitar 1,6 gram per 100 gram.

Bandingkan dengan kandungan omega 3 ikan kembung yang 2,4 gram per 100 gram atau 1,5 kali kandungan omega 3 ikan salmon. Atau 7,34 kali kandungan omega 3 ikan lele.

Baca juga: Kandungan Omega 3 dan Omega 6 Ikan Lele

Kandungan asam lemak omega 3 ikan kembung ini banyak terdapat pada bagian perut.

Sebab, perut merupakan organ pencernaan yang membutuhkan energi yang cukup besar, sehingga cadangan lemaknya banyak ditemukan di bagian tersebut.

Omega 3 merupakan asam lemak yang baik dan banyak manfaatnya. Asam lemak tersebut dapat mencegah penyakit jantung koroner.

Penyakit jantung koroner timbul antara lain karena pembentukan plak atau kerak pada bagian dalam pembuluh darah arteri koroner jantung.

Plak tersebut disebabkan oleh kolesterol jahat (low-density lipoprotein atau LDL).

Pada peringatan Hari Laut Sedunia tahun 2021 ini, marilah kita meningkatkan konsumsi ikan laut, salah satunya ikan kembung.
Hari Laut Sedunia.

Selain sebagai antiradang, omega 3 juga berperan mengurangi risiko pembentukan plak tersebut sehingga dapat mencegah penyakit jantung koroner.

Selain menyehatkan jantung dan pembuluh darah, omega 3 juga bermanfaat bagi sistem saraf, termasuk otak. Omega 3 dapat melindungi dari penyakit kemunduran otak seperti pelupa.

Bagi anak-anak yang masih dalam tumbuh-kembang, mengonsumsi omega 3 secukupnya dapat membantu perkembangan otaknya sehingga berpotensi menjadi orang yang cerdas.

Kandungan nutrisi ikan kembung

Selain mengandung omega 3, ikan kembung juga mengandung zat-zat gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Dalam 100 gram daging ikan kembung terdapat berbagai kandungan gizi, antara lain:

  • Protein: 21,3 gram
  • Lemak: 3,4 gram
  • Karbohidrat: 2,2 gram
  • Kalsium: 136 mg
  • Fosfor: 69 mg
  • Besi: 0,8 mg
  • Natrium: 214 mg
  • Kalium: 245,0 mg
  • Tembaga: 0,20 mg
  • Seng: 1,1 mg
  • Thiamin (vitamin B1): 0,26 mg
  • Riboflavin (vitamin B2): 0,03 mg
  • Niasin (vitamin B3): 0,2 mg

Berkat kandungan nutrisi di atas, banyak manfaat yang diperoleh dengan rutin mengonsumsi ikan kembung.

  1. Berpotensi mencegah peradangan.
  2. Membantu menurunkan berat badan.
  3. Menyehatkan tulang.
  4. Menjaga kesehatan otot dan saraf.
  5. Kandungan selenium sebagai antioksidan dapat menangkal radikal bebas.

Menikmati ikan kembung

Jika ingin menikmati ikan kembung, pilihlah yang segar. Selain itu, pilih yang tidak berbau, dagingnya tidak lembek dan berair.

Banyak menu yang bisa diolah dari ikan kembung, antara lain goreng, pepes, sop, kuah pindang, pesmol, bakar, dan sebagainya.

Baca juga: Nutrisi dan Manfaat Lobster

Dari segi rasa, goreng ikan kembung lebih gurih. Tetapi kekurangannya, dengan digoreng dapat meningkatkan kandungan lemak dan mungkin mengurangi kandungan asam-asam aminonya.

Biasanya orang menikmati menu pepes, kuah pindang, dan bakar ikan kembung. Tetapi semua kembali kepada selera. Pilihlah menu ikan kembung yang sesuai dengan selera masing-masing.

Pada peringatan Hari Laut Sedunia tahun 2021 ini, marilah kita meningkatkan konsumsi ikan laut, salah satunya ikan kembung.

Sebagai ikan yang memiliki nilai ekonomis menengah, ikan kembung merupakan komoditas yang cukup penting bagi nelayan lokal.

Syatrya Utama | Email: syatrya_utama@yahoo.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here